Christian Sugiono Akui Lombok Pantas Jadi Destinasi Wisata Halal Terbaik

Oleh Henry pada 26 Nov 2019, 09:02 WIB
Diperbarui 26 Nov 2019, 09:02 WIB
[Fimela] Christian Sugiono
Perbesar
Christian Sugiono (Daniel Kampua/Fimela.com)

Jakarta - Aktor Christian Sugiono menilai kawasan wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sangat tepat menjadi destinasi wisata halal terbaik di Indonesia.

Lombok dianggap punya keindahan alam serta memenuhi kebutuhan ibadah dan makanan bagi wisatawan muslim.

"Menurut gue bagus karena pasarnya ada. Kadang kalau orang ke Bali, kayak ibunya Titi cari restoran halal agak susah," ucap Christian di Jakarta, dilansir dari Antara.

Lombok sendiri memang sudah beberapa kali meraih penghargaan nasional maupun internasional sebagai kawasan wisata halal terbaik.

Yang terbaru, Lombok terpilih sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik di Indonesia dengan nilai skor tertinggi mencapai 70 mengungguli 10 destinasi lain di Tanah Air.

Hal itu berdasarkan penilaian Muslim Travel Index (IMTI) 2019.  Pemain film dan sinetron ini mengatakan pemilihan Lombok sebagai tujuan wisata halal terbaik menurut MTI 2019 sangat sesuai karena pasar pariwisata di Tanah Air yang potensial serta keindahan alam kawasan itu yang tidak berbeda dengan Pulau Bali.

2 dari 3 halaman

Jangan Hanya Bali

Lombok/Unsplash Jeremy
Perbesar
Lombok/Unsplash Jeremy

"Jadi terbagi, enggak cuma Bali doang. Lombok bisa naik juga," ujarnya.

Konsep wisata ramah muslim, menurut Christian, bisa diterapkan di berbagai tempat wisata yang sedang berkembang. Tapi, konsep itu sulit bila harus dipraktikkan di Pulau Dewata dengan pasar pariwisata yang sudah matang.

"Justru yang sebelah-sebelahnya, yang alamnya mirip, tapi belum ramai. Jangan semuanya ke Bali. (Alam) kita banyak yang bagus soalnya, tapi belum terlalu diangkat," terangnya.

Christian menambahkan kawasan Indonesia Timur adalah tujuan wisata potensial untuk diperkenalkan kepada para pelancong, seperti pulau Rote dengan keindahan alam yang belum terjamah.

Pria 38 tahun ini membandingkan keindahan alam Rote dengan pulau Sumba 20 tahun lalu. "Di pantai sana, gue nemu bio plankton yang menyala biru," kata Christian mengenang perjalanannya di Pulau Rote, NTT.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓