Menggelar Edukasi dan Hiburan untuk Pelestarian Lingkungan dan Orangutan

Oleh Liputan6.com pada 26 Nov 2019, 01:37 WIB
Diperbarui 26 Nov 2019, 01:37 WIB
Mofomofa
Perbesar
Jumpa pers acara Mofomofa. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka menyuarakan suara Orangutan, Mofomofa, untuk kedua kalinya mengadakan acara yang bertajuk ”Dare to Give Back No Plastic Bag. Kali ini Mofomofa menggandeng Sarinah.

Acara akan diselenggarakan pada ,Minggu, 8 Desember 2019 di halaman parkir barat gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, bersamaan dengan Car Free Day (CFD).

Dalam jumpa pers di Sarinah, Jakarta Pusat, dijelaskan kalau acara dibuka untuk umum serta akan mengabungkan antara Edukasi, Musik, 5KRun, Zumba anak anak dan dewasa serta Aerobic dan kegiatan live charity dari pukul 06.00 sampai selesai.

Acara jumpa pers tersebut dihadiri antara lain oleh Nancy dan Yuvita dari MofoMofa. Direktur Retail Sarinah:Lis Permana Lestari, Trio:Bou dan Lewi serta Riry sebagai ketua panitia acara.

Tujuan acara ini adalah mengedukasi kepada masyarakat untuk mengenal, mengerti dan memberikan kembali apa yang sudah kita terima terutama udara dan air.

Tidak banyak yang tahu dari mana sumber air dan udara di bumi ini berasal. Kontribusi terbesar penyedia air dan udara di bumi adalah Rainforest atau hutan hujan, hutan dimana Orangutan tinggal dan berkembang biak. Dari seluruh hutan hujan di dunia, hanya hutan hujan di Indonesia yang memiliki Orangutan.

Orangutan asli Indonesia bukan monyet tetapi masuk dalam keluarga Kera. Orangutan shared 97 persen DNA dengan Manusia dan terancam punah. Total orangutan adalah 75.000 orangutan yang hidup saat ini.

Mofomofa
Perbesar
Jumpa pers acara Mofomofa. foto: istimewa

Orangutan adalah kunci dalam ekosistem, karena Orangutan yang membuat rainforest Indonesia bersih dan sehat, orangutan yang menyebarkan benih di hutan hujan sehingga hutan hujan terus tumbuh, menghasilkan kehidupan awal bagi semua mahluk dan untuk diberikan oleh manusia di bumi.

Bukan hanya Indonesia, bayangkan jika orangutan punah, bagaimana dengan manusia di bumi? Berbicara mengenai hutan hujan tahukah kamu kalau satu pohon menampung 40 Liter air per hari dan satu pohon memberikan udara untuk dua orang.

Dengan kata lain satu orang (manusia) per hari membutuhkan 7 sampai 8 liter udara setiap menitnya sehingga setiap harinya manusia membutuhkan sekitar 10.080 sampai 11.520 liter. Pernahkah kita berfikir, jikalau kita harus membayar udara yang kita hirup. Berapa banyak uang yang kita akan keluarkan setiap harinya?

Sarinah The Window of Indonesia merupakan satu-satunya BUMN dengan bisnis utamanya ritel dan peIopor peritel modern pertama di Indonesia yang berdiri sejak 1962.

Sarinah juga menginisiasi penggunaan kantong plastik ramah lingkungan, yaitu cassava bagi yang telah diluncurkan pada saat HUT Sarinah ke-57 tahun pada Agustus kemarin. Bioplastik Cassava tersebut berbahan singkong yang diambil patinya dan mudah terurai secara sempurna oleh mikroba yang ada didalam tanah atau didalam air.