Sering Minder? Ini Tahapan untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Oleh stella maris pada 26 Nov 2019, 00:00 WIB
Diperbarui 26 Nov 2019, 00:00 WIB
mencintai diri sendiri

Liputan6.com, Jakarta Akui saja, pasti banyak dari kamu yang suka merasa minder apalagi ketika melihat orang yang kamu pikir lebih baik dari kita. Bahkan kadang lebih mudah untuk mencintai orang lain dibandingkan mencintai diri sendiri. Sering kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Namun, apakah kamu tahu perasaan seperti itu adalah racun untuk hidup kita. Semua itu tidak akan membaik jika kamu tidak berusaha mencintai diri sendiri. Nggak mau kan semua urusan berantakan hanya gara-gara keminderan kamu. Jadi, sudah siap untuk mulai mencintai diri sendiri? Coba ikuti lima langkah mudah ini.

1. Dikelilingi dengan orang-orang positif

 

teman baik
Penting bagi kamu memilih dengan siapa kamu bergaul.

Apapun cara yang kamu lakukan untuk mencintai diri sendiri tidak akan maksimal jika kamu masih bergaul dengan orang-orang negatif. Penting bagi kamu memilih dengan siapa kamu bergaul, kelilingilah dirimu dengan orang-orang yang memberikan support serta mencintai kamu. Orang-orang tersebut akan berusaha membantu kamu untuk menyadari kelebihan diri sendiri

2. Membersihkan kamar

Membersihkan rumah
Kegiatan bersih-bersih akan membuat suasana baru dan membuat kamu lebih semangat dan positif.

Meskipun kedengarannya aneh, tapi membersihkan kamar terbukti dapat membuat kamu lebih mencintai diri sendiri. Apalagi kamu yang jarang membersihkan kamar, dengan membuatnya bersih biasanya akan membuat suasana baru dan membuat kamu lebih semangat dan positif. Membersihkan kamar bukan hanya menyapu dan mengepel, namun kamu juga memilah barang yang jarang dipakai sehingga bisa didonasikan, seperti sepatu, pakaian, atau barang-barang yang memiliki aura negatif.

3. Detox sosial media

Digital detox
Penting kamu untuk melakukan detox sosial media.

Sebuah riset menunjukan bahwa media sosial menjadi faktor seseorang menjadi kurang percaya diri atau minder. Apalagi ketika kita melihat kehidupan seseorang lewat Instagram, lalu kita iri dan mulai membandingkan diri kita sendiri. Untuk menghindari hal itu, penting kamu untuk melakukan detox sosial media.  Berbeda dengan detox diet yang membuang racun dari dalam tubuh, detox sosial media justru membantu membuang semua racun yang mengganggu mental, sehingga kita dapat mencintai diri sendiri.

4. Ikut Kelas Yoga

Yoga
Banyak manfaat olahraga untuk kesehatan mental emosional.

Selain membuat kita lebih sehat, olahraga membuat kita lebih bahagia. Yoga memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan mental emosional, meyeimbangkan anatara fisik, pikiran dan jiwa. Dalam satu gerakan yoga, kamu diminta untuk melakukan meditasi. Meditasi tersebut dilakukan untuk men-shutdown pikiran kita. Dalam keadaan tenang, instruktur yoga biasa suka berbicara tentang semua perkataan positif yang membantu kita untuk mencintai diri sendiri.

5. Solo Traveling

Mencintai diri sendiri
Usir perasaan cemas dan takut dengan traveling.

Pergi ke suatu tempat baru dan mengeksplorasi tempat baru bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk lebih mencintai diri sendiri. Nggak harus keluar negeri, kamu bisa explore tempat-tempat yang ada di Indonesia. Ketika bepergian seorang diri pasti ada perasaan cemas dan takut, tapi hal itu lah yang mendewasakan kalian untuk berani karena kita sepenuhnya bertanggung jawab pada diri kita sendiri. Dengan itu, kita pun mengenal kemampuan dan karakter diri kita yang sesungguhnya.

Tapi jika alasannya, soal uang jadi kamu nggak bisa melakukan solo traveling. Tenang saja, Traveloka menyediakan fitur PayLater yang mengizinkan kamu untuk beli tiket online sekarang dan membayarnya di akhir bulan. Menarik bukan? Metode pembayaran Traveloka ini adalah salah satu bentuk cara bayar tiket melalui cicilan online tanpa kartu kredit.

Jika kamu takut akan keamanan menggunakan PayLater Traveloka, tenang saja PayLater Traveloka sudah menjadi alat pembayaran yang aman karena sudah bekerja sama dengan Danamas untuk sistem pendanaannya. Jadi, semua transaksi yang dilakukan oleh Danamas saat meminjam dana ke nasabah dan pembelian produk Traveloka oleh nasabah peminjam akan tercatat juga di OJK.

Berbeda dengan detox diet yang membuang racun dari dalam tubuh, detox sosial media justru membantu membuang semua racun yang menggangu mental, sehingga kita terbangun dan hidup dalam realita.

Manfaatkan layanan hubungi kami untuk mengetahui produk Traveloka lainnya.