Sukses

6 Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Salak ternyata memiliki manfaat yang luar biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Salak termasuk buah yang mudah didapat nyaris sepanjang musim di Indonesia. Buah yang biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut ini ternyata mengandung banyak nutrisi.

Buah dengan kulit bergerigi itu mengandung protein, vitamin C, serat, zat besi, kalsium, fosfor, hingga karbohidrat yang sangat bagus untuk kesehatan. Buah ini juga kaya akan kandungan beta-karoten ini yang merupakan antioksidan kuat yang berfungsi mencegah penyakit kardiovaskular, struk, bahkan kanker.

Diketahui, salak mengandung lima kali lebih banyak beta-karoten dibandingkan dengan buah lainnya seperti semangka dan mangga. Dengan kandungan sebanyak itu, apa lagi manfaat lain dari salak untuk kesehatan kita? Liputan6.com merangkum enam di antaranya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Obat Mata

Menurut penelitian dari spesialis kesehatan, banyaknya kandungan beta-karoten dalam buah salak bermanfaat sebagai obat mata. Anda bisa mengonsumsinya menjadi jus salak sebagai alternatif dari jus wortel yang lebih dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata. Selain itu, kandungan vitamin A dalam salak juga sangat membantu meningkatkan ketajaman mata.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lancarkan Pencernaan

Seperti kebanyakan buah lainnya yang memiliki serat tinggi, salak juga memiliki kandungan kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan beta-karoten yang sangat bagus untuk menutrisi perut. Misalnya, tanin yang berkhasiat anti-diare.

Selain itu, salak juga dapat menjadi obat untuk gangguan pencernaan lambung. Akan lebih baik lagi, jika Anda makan salak bersamaan dengan kulit ari tipisnya yang dapat mencegah sembelit.

3. Kontrol Gula Darah

Salak mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang bantuk untuk kendalikan diabetes. Sangat bagus jika Anda menambahkan salak ke dalam makanan Anda karena cukup bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Selain dagingnya, kulit salak yang dikeringkan dan dibuat menjadi teh juga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang membantu mengendalikan diabetes.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Salak mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Salah adalah buah yang dicari banyak orang untuk bantu turunkan berat badan. Itu karena salak mengandung kalsium dan karbohidrat yang menyediakan energi dan stamina yang diperlukan bagi tubuh yang sedang diet. Sementara, teh dari kulit buah salah juga berkhasiat yang sama untuk turunkan berat badan.

3 dari 3 halaman

5. Baik bagi Ibu Hamil

Banyak yang mengatakan bahwa salak tidak baik dikonsumsi ibu hamil. Itu benar, tapi maksudnya tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Pasalnya, kandungan zat besi dalam salak yang bisa bantu atasi anemia pada ibu hamil. Salak juga dikenal memiliki senyawa yang mampu atasi mual di pagi hari pada ibu hamil.

Asupan kalsium yang cukup dalam buah salak juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang janin. Mengonsumsi salak manfaatnya bukan hanya pada ibu yang mengonsumsinya, tapi juga berefek pada janin yang dikandung. Tapi ingat, konsumsi salak rutin cukup satu atau dua buah saja per hari.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Salak memiliki kandungan mineral dan bahan aktif seperti potasiom, beta-karoten dan pektin. Pektin adalah salah satu kandungan yang mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini membuat kognisi dan daya ingat seseorang menjadi lebih baik. Selain itu, kandungan oksidatif dalam salah juga bantu hilangkan stres dan menurunkan risiko penyakit otak. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.