Sukses

Kenapa Kaviar yang Disantap Maia Estianty Bisa Seharga Rp70 Juta?

Maia Estianty terlihat asyik menyantap kaviar, salah satu makanan termahal di dunia yang disajikan dalam berbagai jenis olahan nan lezat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menikah dengan Irwan Mussry, Maia Estianty kini lebih sering membagikan momen liburan ke berbagai daerah dan negara dalam akun Instagram pribadinya.

Ia juga kerap mengunggah video saat menikmati hidangan mewah dengan harga fantastis. Salah satunya saat sedang menikmati momen liburan di Langkawi, Malaysia, pada 2018 lalu.

Dalam video yang diunggah di akun YouTube resminya, ibu tiga anak ini terlihat sedang asyik menyantap kaviar yang disajikan dalam berbagai jenis olahan nan lezat.

Sebelum menyantap hidangan mewah itu, Maia terdengar mengucapkan kalimat dalam bahasa Jawa. “Monggo dibadok” yang berarti silakan dimakan.

"Oke aku malam ini ada makan caviar itu dari ikan sturgeon, konon katanya sangat langka dan sudah ada dari zaman dinosaurus. Karena sudah langka per kilo dijual 5000 dolar atau sekitar Rp70 juta," ucap Maia.

Sturgeon adalah ikan yang sangat langka yang menurut penelitian telah ada sejak abad ke-4 Sebelum Masehi.  Sedangkan kaviar mulai dikenal sejak abad ke-16. Dilansir dari Food Republic, sturgeon adalah ikan yang sangat langka yang menurut penelitian telah ada sejak zaman dinosaurus. 

Sampai saat ini telah ditemukan sekitar 27 spesies ikan Sturgeon dan 6 spesies diantaranya ditemukan di perairan laut Kaspia. Sturgeon mampu menghasilkan telur sebanyak 60-80 kg dan dijadikan kaviar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan Mahal dan Langka

Seperti kata Maia, karena ikan ini sangat langka harga perkilonya bisa mencapai 5.000 dolar AS atau Rp70 juta lebih. Karena itu kaviar dulu hanya dikonsumsi oleh para bangsawan.

Tapi sejak awal abad ke-19, perairan laut Amerika berlimpah dengan Sturgeon dan ini membuat kaviar lebih mudah didapatkan, bahkan disajikan secara bebas di bar-bar di Amerika dengan harga lebih murah.

Namun karena penangkapan besar-besaran, pada akhir abad ke-19, Sturgeon berada di ambang kepunahan. Sejak saat itu, kaviar jadi makanan mahal yang langka.

Keunikan hidangan ini juga terlihat pada cara memakannya. Beberapa sumber mengatakan kalau kaviar paling tepat disantap menggunakan sendok mutiara, atau tulang yang sudah disterilkan.

Untuk penyajiannya, kaviar biasanya disantap bersama telur rebus, roti tipis, dan krim saus gurih. Namun ada pula yang nekat menyantap hidangan mewah ini bersama potongan buah segar seperti semangka, apel, atau melon.

3 dari 3 halaman

Rasa Bahagia di Suapan Pertama

Begitu pula dengan Maia. Ia terlihat mengoleskan kaviar di atas roti tipis yang dilapisi putih telur.  Pada suapan pertama saja, rasa bahagia terpancar menghiasi wajahnya. Bisa dibayangkan kelezatan hidangan yang konon bercita rasa gurih itu.

Selain kaviar, pada video tersebut Maia juga menikmati sup udang dan lobster salad yang kembali diberi topping kaviar. Ia menjelaskan kedua hidangan tersebut rasanya manis dan ada sensasi rempah-rempah yang khas.

Vlog Maia saat sedang menikmati caviar ternyata berhasil menarik perhatian banyak warganet. Tak sedikit yang merasa iri melihat makanan mewah yang disantap perempuan 43 tahun itu.

"Wah bunda.. bikin aku ngiler,"komentar akun Amy Handayani.  "70 jeti per kg, nggak tega makannya," tulis akun @marwaty41 mengomentari makanan mewah yang disantap Maia Estianty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.