Flight Delay, Malah Dapat Rp600 ribu? Begini Caranya!

Oleh stella maris pada 15 Nov 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Nov 2019, 09:17 WIB
Flight Delay

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah kamu mengatur jadwal liburan jelang akhir tahun ini? Jika sudah pastinya enggak sabar dong ya menunggu tanggal cutimu, yeay!

Sambil menunggu jadwal liburan, pasti kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Kamu bahkan sudah memastikan bahwa tak ada satu hal pun yang luput dari daftar liburanmu, termasuk menyoal penerbangan.

Namun yang sering terjadi adalah pesawat delay berjam-jam. Kesal bisa terjadi karena penerbangan ditunda, ditambah itinerary yang disiapkan matang berantakan.

Jika tak ingin hal itu terjadi, sebenarnya kamu bisa mengatasinya kok. Ada yang namanya asuransi perjalanan. Nah sayangnya, hal ini sering diabaikan banyak traveler. Padahal asuransi perjalanan itu penting banget lho!

Fungsi asuransi perjalanan sebenarnya sama seperti asuransi pada umumnya, yaitu melindungi risiko yang menyebabkan kerugian finansial. Bedanya, asuransi ini dimanfaatkan ketika kamu tengah melakukan perjalanan atau traveling. Salah satunya, melindungi keterlambatan penerbangan.

Cara mendapatkan atau mendaftarkan asuransi perjalanan ini enggak susah kok. Kamu enggak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan asuransi ini. Praktis!

Nah, asuransi ini bisa langsung dibeli bersamaan dengan tiket pesawat di situs atau aplikasi Traveloka. Berikut tahapannya:

  1. Setelah pilih penerbangan dan melengkapi data
  2. Kamu tinggal pilih tambahan On-Time Protection di menu asuransi
  3. Setelah itu, pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran yang sudah dipilih
  4. Nantinya, sertifikat asuransi akan dikirim melalui email dan itu bisa dijadikan pegangan untuk melakukan klaim saat dibutuhkan

Produk asuransi dari Traveloka bekerja sama dengan PT Asuransi Sinarmas Insurtech sebagai penyedia asuransi perjalanan. Jadi kamu enggak langsung berhubungan dengan pihak bandara dan maskapai.

Lalu untuk proses klaim bagaimana? Kamu cukup melapor secara online ke penyedia asuransi perjalanan tersebut. Kamu akan mendapatkan SMS notifikasi untuk proses selanjutnya.

Laporan yang kamu ajukan bernilai Rp600 ribu dan akan dikirimkan langsung ke rekening bank dalam kurun waktu tiga hari. Untuk lebih lengkapnya bisa klik di sini.

Ketika ada yang belum berhasil mengajukan secara online, kamu bisa ajukan klaim secara manual kok. Caranya siapkan dokumen-dokumen untuk mengajukan klaim langsung secara manual, yaitu:

  • Form klaim asli
  • Fotokopi KTP atau kartu identitas lain
  • Fotokopi tiket pesawat
  • Fotokopi boarding pass
  • Confirmation letter asli

Nah ada yang menarik dari klaim asuransi perjalanan Traveloka ini. Asuransi perjalanan ini tidak mempermasalahkan apakah keterlambatan penerbangan

tersebut dari pihak maskapai atau bandara. Dengan kata lain, kamu tetap berhak mendapatkan uang sebagai ganti rugi hingga Rp7,5 juta.

Selain flight delay, Traveloka juga menanggung hingga Rp15 juta jika terjadi kecelakaan saat perjalanan. Ditambah ada tanggungan biaya medis hingga Rp500 juta. Bahkan jika kamu kehilangan bagasi saat mendarat, enggak perlu panik! Segala barang yang hilang atau rusak dapat diklaim hingga Rp15 juta.

Jadi tunggu apa lagi? Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan bisa merusak liburan kamu. Yuk, segera daftar travel insurance dari Traveloka biar liburan kamu makin seru!

 

(*)

 

Live Streaming

Powered by