Sukses

6 Tips Hemat Saat Pesta Belanja Online 11.11

Cek laman resmi marketplace favorit Anda secara berkala, termasuk salah satu tips hemat saat pesta belanja onlne 11.11.

Liputan6.com, Jakarta - Angka cantik di bulan ini, 11 11 (11 November) ternyata punya beragam makna. Tak hanya sebagai hari belanja online 11.11 tapi juga sebagai Singles Day, yaitu perayaan bagi para lajang.

Asal-usul perayaan Singles Day konon berawal dari sekelompok mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China yang memulai tradisi perayaan hari jomblopada 11 November di era 1990-an.

Lalu pada 2009, marketplace raksasa Alibaba berhasil menyulap Singles Day menjadi parade belanja online penuh diskon yang rutin digelar setiap tahun di beberapa negara, seperti di Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif menyelenggarakan pesta diskon besar-besaran termasuk pada momen Singles Day. Oleh karena itu, momentum ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan oleh para pemburu diskon di Tanah Air.

Jadi, momentum ini tentu sangat sayang untuk dilewatkan oleh para pemburu diskon di tanah air. Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, situs berhemat CupoNation merangkum beberapa tips yang penting untuk diperhatikan dalam menyambut pesta belanja online 11.11. Apa saja?

Pantau situs yang berpartisipasi dalam 11.11

Sebelum gelaran pesta belanja online 11.11 berlangsung ada baiknya untuk mencari tahu tentang ritel-ritel yang ikut berpartisipasi serta penawaran yang akan diberikan. Cek laman resmi marketplace favorit Anda secara berkala, karena peritel memberikan diskon besar-besaran dalam jadwal yang berbeda.

Hal ini juga akan memberikan gambaran tentang diskon,promo dan kategori produk yang masuk dalam daftar penawaran dari masing-masing toko online. Hal ini bisa memudahkan Anda dalam menyeleksi toko online yang menawarkan promo sesuai dengan kebutuhan.

Pada gelaran Singles Day tahun lalu, toko online raksasa dengan jumlah kunjungan terbanyak seperti Bukalapak, Shopee, dan Lazada juga ikut berperan dalam memeriahkan perayaan Singles Day dengan memberikan deretan promo dan diskon yang menggiurkan salah satunyaadalah promo harga serba Rp.11.

Subscribe email

Setelah mengetahui daftar toko online yang ikut berpartisipasi pada pesta belanja 11.11, gunakan feature subscribe newsletter melalui email agar selalu mendapat kabar terbaru tentang promo dan diskon yang sedang berjalan.

Feature ini juga akan memudahkan Anda dalam memantau jadwal promo dari kampanye 11.11 yang digelar oleh masing-masing toko online. Selain itu, kamu juga tidak akan ketinggalan promo dadakan yang digelar oleh toko online yang telah di subscribe.

Ikuti program flash sale

Flash sale merupakan sebuah program dimana produk tertentu akan ditawarkan dengan harga yang super murah namun dengan jumlah terbatas. Ketepatan waktu merupakan kunci sukses dalam berburu produk flash sale.

Jadi, sebaiknya catat jadwal flash sale yang dirilis toko online melalui situ resmi atau email newsletter. Agar lebih mudah, gunakan fitur notifikasi pengingat atau reminder agar Anda tetap siaga sebelum flash sale dimulai saat pesta belanja online.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Situs Pembanding Harga

Kalau produk yang diincar tidak masuk dalam daftar flash sale, ada cara lain untuk mendapatkan barang dengan harga termurah yaitu dengan menggunakan situs pembanding harga. Setiap toko online cenderung menawarkan produk yang sama dengan harga yang berbeda.

Situs pembanding harga dapat menampilkan urutan harga barang dari yang termurah hingga termahal yang dijual pada situs-situs toko online di Indonesia.

Manfaatkan kode promo atau cashback

Setelah selesai berburu barang diskon dan menambahkannya ke dalam daftar check-out, masih ada cara lain untuk membantu Anda semakin hemat. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan kode promo atau cashback yang dapat digabungkan.

Gunakan situs berhemat untuk berburu kode promo yang dapat diaplikasikan pada saat check out. Situs berhemat biasanya memberikan kode kupon dengan jangka waktu tertentu, oleh karena itu kode kupon harus diaplikasikan sebelum masa waktunya berakhir. Beberapa situs berhemat yang menyediakan kode kupon dan cashback diantaranya adalah CupoNation, Diskon Hunter, dan Shopback

Simpan bukti pembayaran

Dengan besarnya atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 11.11, maka tidak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dibanding hari-hari biasa. Selalu simpan salinan pesanan dan bukti transaksi yang dilakukan sampai Anda menerima barang yang telah dipesan. Ini akan melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan jika ada masalah dengan proses pemesanan.

Di atas adalah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan pasca pesta belanja online 11.11. Jangan lupa menyiapkan bujet yang sesuai agar tidak sampai kalap dalam berbelanja. Selamat berbelanja!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.