Sukses

Hari Pahlawan, Tengok Pose Dian Sastrowardoyo Jadi Pejuang Perempuan

Gaya Dian Sastrowardoyo dengan berpenampilan seperti para pahlawan perempuan mendapat banyak pujian.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakar Indonesia memperingati Hari Pahlawan tiap 10 November . Momen tersebut salah satunya bertujuan mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang maupun yang berjuang melalui jalur diplomasi.

Sebagai bangsa yang besar kita tentu sangat menghargai jasa para pahlawan. Begitu pula dengan artis cantik Dian Sastrowardoyo. Selain itu, Dian juga termasuk salah satu selebriti Tanah Air yang merupakan keturunan pahlawan nasional.

Nama belakangnya, Sastrowardoyo, ternyata berkaitan dengan seorang pahlawan nasional sekaligus kakeknya, yaitu Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo. Sunario merupakan tokoh penting di masa pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia tercatat berperan aktif dalam dua peristiwa bersejarah, yaitu Manifesto 1925 dan Konggres Pemuda II.

Bicara soal sosok pahlawan, Dian sempat melakukan pemotretan bertema serupa beberapa waktu lalu. Pemain film Ada Apa dengan Cinta? ini memberikan penghormatan, khususnya kepada beberapa pahlawan perempuan Indonesia.

Meski dilakukan beberapa waktu lalu, ada baiknya kita menengok kembali beberapa foto Dian Sastrowardoyo di momen Hari Pahlawan ini. Dilansir dari akun Instagramnya, berikut empat foto Dan sebagai sosok empat pahlawan perempuan.

1. Cut Nyak Dien

"Tribute to Indonesian heroines. Cut Nyak Dien," tulis Dian Sastro sebagai keterangan foto sambil menandai berbagai pihak yang terlibat dalam pemotretan itu.

Salah satunya adalah @dikhadheansa yang dipercaya sebagai fotografer dalam pemotretan tersebut, Dian memakai baju khas Aceh berwarna hitam dengan beragam aksesori termasuk dua tusuk rambut di bagian kanan belakang kepalanya.

Cut Nyak Dhien adalah Pahlawan Nasional Indonesia dari Aceh. Dia berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh, bersama suaminya, Teuku Umar. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Laksamana Malahayati

Dalam foto lainnya, Dian menjadi Laksamana Malahayati. Ibu dua anak ini kembali memakai baju khas Aceh berwarna hitam, tapi kali ini dilengkapi kain merah untuk menutupi kepalanya serta aksesori di bagian kepala.

Nama Malahayati mungkin kurang begitu dikenal tapi jasanya sangat besar dalam perjuangan rakyat Aceh melawan penjaja Belanda.Pemilik nama asli Keumalahayati ini merupakan pahlawan perempuan dari Kesultanan Aceh. Ia disebut-sebut sebagai Laksamana perempuan pertama di dunia.

3. Maria Walanda Maramis

Maria Josephine Catherine Maramis atau Maria Walanda Maramis adalah pejuang emansipasi wanita dan pahlawan nasional dari Minahasa, Sulawesi Utara.. Maria bisa disebut sebagai RA Kartini dari Minahasa.

Dian tampil cantik dan menawan dengan berpose sebagai Maria Walanda Maramis. Perempuan 37 tahun ini memakai busana etnik Minahasa, lengkap dengan sanggul dan perhiasan dari Mondial Jeweler.

3 dari 3 halaman

4. RA Kartini

Salah satu pahlawan perempuan Tanah Air yang populer di kalangan masyarakat masa kini adalah RA Kartini. Dia dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan gerakan emansipasi.

Dian terlihat saat anggun dan kharismatik dalam foto yang diunggah di Instagram pribadinya itu. Kebetulan ia adalah pemeran Kartini dalam film berjudul sama yang dirilis pada 2017.

Istri dari Indraguna Sutowo ini memakai kebaya hitam, kain batik serta kalung, gelang dan beberapa perhiasan lainnya yang membuat penampilannya terlihat makin menawan di Hari Pahlawan.

Penampilan Dian pun mendapat banyak pujian dari para warganet.  "cantik indonesia banget," puji pemilik akun @amin.nahh.  "Setelah Kartini semoga suatu hari nanti bisa lihat kak @therealdisastr berperan juga sebagai Cut Nyak Dien 😊😊😊," tulis akun @maharanifarah memuji penampilan Dian Sastrowardoyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.