Persiapkan Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung Cupu

Oleh stella maris pada 07 Nov 2019, 17:06 WIB
Diperbarui 07 Nov 2019, 17:06 WIB
Gunung Cupu Purwakarta
Perbesar
Instagram @irfant97.

Liputan6.com, Jakarta Bagi komunitas pecinta alam, mendaki gunung adalah hal yang biasa dilakukan. Begitu juga dengan mereka yang sudah mendaki. Namun bagi kamu yang ingin mendaki gunung, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Mendaki gunung tak hanya sekadar memijakkan kaki di tanah dengan tepat. Ada hal lain yang harus kamu persiapkan. Persiapan itu juga berlaku ketika kamu akan mendaki Gunung Cupu yang berada di daerah Plered, Purwakarta.

Salah satunya fisik. Pastikan kamu dan teman-temanmu dalam keadaan sehat sebelum mendaki ya. Ini adalah kewajiban yang pasti harus kamu jalani. Selain itu ada beberapa persiapan lain, diantaranya:

1. Informasi Lengkap

Sebelum mendaki Gunung Cupu, pastikan kamu mengetahui informasi ada di daerah tersebut. Apakah sedang hujan atau sebaliknya. Meski masuk ke tampat ini gratis, tapi kamu juga harus tetap mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan kebutuhanmu.

2. Air dan Makanan

Gunung Cupu tak memiliki sumber mata air. Jika pun ada, lokasinya sangat jauh. Jadi sebelum mendaki, persiapkan kebutuhan airmu agar tak kehausan selama perjalanan. Bawa juga makanan kecil untuk mengenyangkan perutmu ya.

Gunung Cupu Purwakarta
Perbesar
Instagram @ganjarviboy.

3. Alas Kaki

Gunung Cepu merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 300 meter diatas permukaan laut. Gunung Cupu memiliki karakteristik bebatuan yang cukup banyak dan besar. Oleh karena itu pastikan kamu menggunakan alas kaki yang tepat untuk trekking atau mendaki ya. Jangan pakai sepatu dengan sol licin ya, bahaya!

4. Dokumentasi

Inilah yang paling banyak diburu para pendaki ketika sampai di puncak Gunung Cupu. Mereka mendaki selain untuk menikmati keindahan Purwakarta, juga menciptakan konten dengan pose terbaik. Oh ya, meskipun kamu mencari konten yang bagus, jangan lupa menjaga keselamatan ya!

Setelah menikmati pemandangan dan mendapatkan konten terbaik, kamu sebagai generasi muda pastikan ikut menjaga lingkungan. Pastikan sampahmu dibawa turun ya, jangan sisakan sampah sekecil apapun di alam sekitar.

 

(*)