Shirin Akter Shela, Miss Bangladesh yang Jadi Kontestan Miss Universe Pertama dari Negara Muslim

Oleh Komarudin pada 07 Nov 2019, 17:04 WIB
Miss Bangladesh

Liputan6.com, Jakarta - Nama Shirin Akter Shela menjadi perbincangan di berbagai negara usai dirinya dinobatkan sebagai Miss Bangladesh pada akhir Oktober 2019. Dengan kontes tersebut, Shirin yang memesona menjadi orang pertama dari negara mayoritas muslim di Asia Selatan yang akan bersaing memperebutkan gelar Miss Universe.

Beberapa waktu lalu, ada beberapa kontestan dari negara muslim. Salah satunya seperti blasteran Lebanon-Amerika Rima Fakih, bukan dari Timur Tengah atau Afrika, seperti dilansir dari Metro, Kamis (7/11/2019).

Dalam kontes yang diadakan di ibukota Bangladesh, Dhaka, Shirin mengalahkan Alisha Islam dan Jessia Islam. Shirin memukau para juri dengan ketenangannya dan kecerdasannya sebagai mahasiswa fisika di Unibersitas Dhaka.

Ayahnya adalah anggota penjaga perbatasan Bangladesh dan Shirin tumbuh menyaksikan ayahnya berjuang untuk negara, semangat patriotik itu ikut mengalir dalam diri Shirin.

Selama kontes, Shirin yang berasal dari Thakurgaon mengungkapkan bahwa ayahnya adalah sebagai inspirasi yang hebat bagi dirinya. Ia menambahkan bahwa ia juga akan bekerja agar negaranya menjadi lebih baik yang dimulai dengan memenangkan Miss Universe Bangladesh.

2 of 3

Prestasi Shirin Akter Shela

Shirin Akter Shela
Shirin Akter Shela, Miss Bangladesh menjadi orang pertama yang menjadi kontestan Miss Universe dari negara muslim (Dok.Instagram/@shirinakt.shela/https://www.instagram.com/p/B4BC57xlSdC/Komarudin)

Shirin telah membuat negara Asia Selatan bangga, yang dinyatakan sebagai model wanita terbaik dalam kontes Face of Bangladesh 2019. Pada 2018, ia berpartisipasi dalam Miss Bangladesh World, dan masuk 10 besar.

Tahun ini ia juga mewakili Bangladesh di Face of Asia 2019 yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan. Jalan menuju Miss Universe dimulai pada Juli 2019 ketika lebih dari 12 ribu peserta bersaing memperbutkan gelar Miss Universe Bangladesh yang didambakan.

Sekarang Shirin akan menjadi duta besar untuk Bangladesh pada Miss Universe ke-68 yang berlangsung di Atlanta, Georgia, pada 8 Desember 2019. Dalam kompetisi final ini, model top dari 130 negara akan berpartisipasi.

Kemenangan bersejarah Shirin sangat berarti bagi orang Bangladesh dan orang Asia lainnya yang ikut memberikan selamat padanya melalui media sosial.

"Setelah 68 tahun Miss Universe, kami akhirnya membuat Bangladesh terwakili dalam kompetisi ini. Saya sangat bangga," kata seorang warganet.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓