Mengintip Sekolah Milik Yuni Shara yang SPP-nya Rp3.500

Oleh Henry Hens pada 07 Nov 2019, 20:03 WIB
Yuni Shara

Liputan6.com, Jakarta - Yuni Shara termasuk artis Indonesia yang sudah lama berkiprah di dunia hiburan. Bidang hiburan memang identik dengan imej glamor. Meski begitu bukan berarti kehidupan para selebriti seperti Yuni hanya dipenuhi dengan kemewahan.

Meraih kesuksesan sebagai seorang figur publik, sejumlah selebriti ini tak lantas melupakan perannya dalam kehidupan sosial untuk berbuat kebaikan untuk sesama. Beberapa artis juga menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama dengan mendirikan sekolah. Yuni termasuk di dalamnya.

Sekolah yang mereka dirikan biasanya tak memungut biaya mahal. Demi membantu mereka yang tak mampu, Yuni mendirikan sekolah murah dengan biaya ribuan rupiah saja.

Kepedulian kakak Krisdayanti ini terhadap dunia pendidikan patut dipuji. Tujuannya tentu saja agar anak-anak yang punya keterbatasan ekonomi bisa tetap mengenyam pendidikan.

Sejak tujuh tahun lalu, Yuni mendirikan sekolah murah yang diperuntukan bagi orang-orang tidak mampu. Perempuan 47 tahun ini membangun PAUD, TK dan penitipan anak di kota kelahirannya, Batu, Malang, Jawa Timur.

Memiliki 100 lebih anak murid, Yuni Shara hanya mematok SPP sebesar Rp3.500. Bahkan bisa dibayar juga dengan sayuran dan buah-buahan. Walaupun termasuk murah, tenaga pengajar di sekolah milik Yuni Shara merupakan sarjana PAUD.

Sejak awal mendirikan sekolah yang diberi nama Cahaya Pertama Abadi itu, Yuni memang menyasar kalangan yang kurang mampu. Ia juga beberapa kali membagikan foto-foto dirinya di sekolah tersebut di media sosial.

Sementara akun Instagram Cahaya Permata Abadi juga cukup sering membagikan foto-foto maupun video kegiatan mereka, termasuk saat Yuni berada disana.

2 of 3

Alasan Yuni Membangun Sekolah

Yuni Shara
Yuni Shara di sekolah miliknya di Batu, Malang. (dok.Instagram @cahayapermataabadi/https://www.instagram.com/p/B1OoxG8n2B1/Henry)

Yuni juga sempat menceritakan pengalamannya membangun sekolah melalui channel YouTube milik Ussy Sulistiawaty yaitu 'Ussy Andhika Official' pada 4 November 2019. Dalam video tersebut, pelantun Hilang Permataku ini menuturkan, semuanya bermula saat ia sedang berlibur di kampung halamannya.

Saat hendak pamitan, dia mendengar cerita yang miris. Anak mantan gurunya ternyata mau menutup sekolah karena plafon di sana sempat roboh.

Hal itu membuat Yuni merasa tersentuh dan memutuskan untuk membangun sekolah pengganti. Saat itu dia belum punya tanah, jadi sementara harus menyewa kontrakan untuk dijadikan sekolah. Sampai akhirnya mampu membeli tanah sendiri dan membangun sekolah, semua itu didanai sendiri oleh Yuni tanpa meminta bantuan dari pihak lain.

Walaupun tidak pernah berencana mendirikan sekolah semi formal sebelumnya, Yuni mengaku bersyukur dengan berdirinya sekolah itu. Terbukti, sekolah yang telah dikelolanya selama tujuh tahun itu sudah mendapat akreditasi A, yaitu sudah mendapat peringkat baik dari pemerintah.

Selain itu, sekolah tersebut kini sudah memiliki ratusan anak didik dengan 14 tenaga pengajar profesional. Ussy pun berdecak kagum mendengarkan cerita sahabatnya yang begitu peduli pada dunia pendidikan, terutama untuk anak-anak. Seiring berjalan waktu, Yuni sepertinya makin fokus di bidang pendidikan dan bukan tak mungkin akan membuka sekolah lain.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓