Risa Santoso, dari Pengelolaan Isu Strategis hingga Rektor Termuda

Oleh Komarudin pada 06 Nov 2019, 22:03 WIB
Risa Santoso

Liputan6.com, Jakarta - Nama Risa Santoso mendadak jadi perbincangan publik sejak dirinya menjadi rektor di Institut Teknologi Bisnis Asia Malang di Malang, Jawa Timur.

Risa mencuri perhatian publik karena menjadi perempuan pertama dan termuda di Indonesia yang menjadi rektor pada usia 27 tahun. Perempuan kelahiran Surabaya, 27 Oktober 1992 ini dilantik menjadi rektor pada 2 November 2019.

Hal itu terlihat dari sebuah figura yang berisi ucapan selamat atas pelantikan Risa dalam foto yang diunggah akun @michaelsugijanto pada tanggal yang sama.

"Pretty much self explanatory 👏🏻👏🏻👏🏻 (Sudah cukup jelas)," tulis akun tersebut sebagai keterangan foto.

Dalam foto itu, Risa Santoso tampak semringah. Mengenakan baju motif batik dibalut blazer hitam, ia terlihat tersenyum. Menjadi rektor merupakan perjalanan karier akademik Risa yang paling istimewa. 

2 of 3

Pendidikan dan Karier

Risa Santoso
Risa Santoso saat bekerja di Kantor Staf Presiden (Dok.Instagram/@risasantoso/https://www.instagram.com/p/7NJbY0nGFU/Komarudin)

Risa mengenyam pendidikan S1 di University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Ia kemudian melanjutkan ke program pascasarjana dengan merah gelar Master Education dari Harvard University.

Usai lulus dari Harvard University, Risa bekerja di Kantor Staf Presiden. Hal itu terlihat dari foto yang sempat ia unggah pada 4 September 2015 lalu.

"now I don't have to leave my id at the security anymore 🎈 (sekarang saya tak perlu lagi meninggalkan id saya di keamanan 🎈)," tulis Risa sebagai keterangan foto.

"Wah Risa jadi apa?" tanya @b.robianesar. "@b.robianesar kerja di bagian pengelolaan isu strategis bian," jawab Risa saat itu.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓