Ganjar Pranowo Minta Bantuan Kelola Goa Pancur Jadi Lokasi Wisata Asyik

Oleh Komarudin pada 07 Nov 2019, 08:05 WIB
Forum Nusantara Sosialisasikan Desa Damai Anti Intoleransi dan Radikalisme

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Tengah memiliki banyak lokasi wisata menarik, salah satunya Pati. Dalam sebuah kesempatan Ganjar Pranowo menyempatkan untuk mampir ke Goa Pancur di Pati, Jawa Tengah.

"Goa Pancur di Pati. Sedang akan dikembangkan jadi tempat wisata," tulis Ganjar dalam keterangan video yang diunggah dalam Instagram pribadinya, Senin, 4 November 2019.

Ganjar menanyakan adakah relawan yang bersedia untuk membantu untuk dibangun semacam desa wisata. Bantuan itu mulai dari penetapan lansekap, mendesain wahana, mengelola sampah, manajemen usaha kuliner khas, dan lain-lain.

"Kamu pernah ke sini?" tanya Ganjar.

Ganjar mengatakan Goa Pancur memiliki potensi wisata yang indah. Menurut Ganjar, hal yang menarik di goa tersebut adalah meskipun kemarau, airnya selalu ada.

2 of 3

Mengelola Ganggang

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo sedang mengembangkan Goa Pancur menjadi lokasi wisata (Dok.Instagram/@ganjar_pranowo/https://www.instagram.com/p/B4cYON9hp7V/Komarudin)

Ganjar Pranowo juga memperlihatkan ganggang yang berada di sekitar Goa Pancur. Warga sekitar menyebutnya ganggeng.

"Kalau kamu mungkin ilmuwan, yang mungkin melihat video ini, barangkali kamu bisa bantu, bagaimana mengelola ganggengnya," ujar Ganjar.

Tujuannya agar lingkungannya terjaga dan ganggang tersebut bisa dikelola dengan baik. Ganjar sendiri mengaku tak tahu fungsi ganggang.

"Pesan saya yang pertama adalah pengelolaan sampah. Karena wisata itu kalau tempatnya jorok, nggak asyik!" kata Ganjar Pranowo.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓