G-Shock Luncurkan Koleksi Jam Tangan Terinspirasi Boombox, Kebangkitan Gaya 90-an?

Oleh Dinny Mutiah pada 05 Nov 2019, 16:04 WIB
Kebangkitan Gaya 90an, G-Shock Luncurkan Koleksi Jam Tangan Terinspirasi Boombox

 

Liputan6.com, Jakarta - Siapa generasi 90an di sini? Anda tentu familiar dengan radio yang disebut boombox. Meski desainnya beragam, ada benang merah yang menghubungkan semua desain, yaitu speaker berbentuk bulat yang agak menjorok ke dalam.

Desain itu pula yang menginspirasi koleksi terbaru G-Shock lewat seri GA-140. Bulatan besar yang menjadi ciri khas boombox diaplikasikan pada desain dial yang terlihat mendalam.

"We want to introduce again apa itu boombox kepada anak muda sekarang. Zaman itu kan hits banget," kata Riry Silalahi, Marketing Manager Casio Singapore, dalam acara Rewinding the 90s: The Decade that Never Ends, pekan lalu.

Desain hasil karya kolaborasi desainer internal G-Shock itu, kata dia, merupakan hasil prediksi tren 90an yang akan kembali naik di tahun depan. Palet warna jam tangan juga disesuaikan dengan warna boombox dan populer pada masa itu, yakni biru, merah-abu, ungu, hitam, dan oranye.

"Kita juga lihat acara 90-an cukup banyak digelar dan menarik banyak perhatian, sehingga dibuatlah desain yang terinspirasi tren generasi itu," katanya.

Cangkang dan strap jam tangan yang besar terinspirasi dari pendahulunya, yakni seri GA-100 dan GA-110. Jam tangan tersebut masuk kategori analog-digital yang memiliki tiga sub-dial dengan fungsi berbeda-beda.

Misalnya, subdial di arah jam 3 yang berfungsi sebagai stopwatch yang menghitung hingga milidetik. Sementara, subdial di arah jam 12 berfungsi sebagai penanda waktu digital.

"Ada stopwatch, timer dan alarm, ditambah world time-nya," ujarnya.

Kesan 90an juga diperkuat dengan keberadaan layar LCD di sekeliling jarum jam dan menit. Bentuknya serupa dengan gadget digital retro. Seri jam tangan itu diluncurkan sekitar dua bulan lalu di Jepang.

"Memang biasanya lebih lama masuk ke pasaran Indonesia karena ada persoalan shipping dan administrasi lainnya yang harus diselesaikan," kata Riry.

 

 

2 of 3

3 Fitur Utama

Kebangkitan Gaya 90an, G-Shock Luncurkan Koleksi Jam Tangan Terinspirasi Boombox
Boombox yang pernah populer pada masa 90an jadi inspirasi desain jam tangan G-Shock terbaru. Palet warna yang dihadirkan juga seakan mengulang tren masa itu. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Tak hanya soal desain yang ditonjolkan, tetapi juga tentang fitur-fitur andalan yang menjadi keunggulan jam tangan adventure itu. Product Trainer Casio, Aldio Yovanda, menyebut tiga fitur andalan disuntikkan pada GA-140.

Fitur pertama adalah magnetic resistance. Ini menjadi fitur pembeda seri terbaru dari pendahulunya. Dengan fitur ini, mesin jam tetap terlindungi meski diletakkan di area medan magnet yang kuat.

"Kalau enggak magnetic resistance, jarumnya akan ngaco," ujar Aldi.

Fitur berikutnya adalah shock resistance alias tahan guncangan. Material case yang terbuat resin dan mesin yang dibuat dengan sistem melayang menjadikan jam tangan tahan banting.

"Kacanya kita pakai mineral glass, lebih bening dan lebih kuat karena ada shock resistance," sambungnya lagi.

Fitur terakhir adalah water resistance. Fitur ini memungkinkan jam tangan tetap hidup walah berada di bawah tekanan 20 bar atau sekitar 200 meter di bawah air. Meski begitu, jam tangan ini tak disarankan dipakai saat menyelam.

"Kalau snorkeling saja masih aman. Untuk diving, tidak disarankan. Kami ada jam tangan yang lebih spesifik untuk fungsi itu," kata dia.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓