Tips Liburan Bareng Anak dari Andhika Pratama

Oleh Henry Hens pada 05 Nov 2019, 15:03 WIB
[Fimela] Ussy sulistiawaty dan Andhika Pratama

Liputan6.com, Jakarta - Liburan bersama keluarga merupakan kegiatan yang menyenangkan, termasuk bagi Andhika Pratama. Terutama kalau berpergian ke destinasi wisata yang menarik.

Tak hanya bisa mengeskplor tempat wisata, tapi juga bisa menikmati kuliner dan mempelajari budaya setempat. Andhika memang kerap meluangkan waktu untuk liburan, baik bersama sang istri, Ussy Sulistiawaty, maupun bersama keempat anaknya.

"Dalam setahun, saya biasanya bisa tiga sampai empat kali liburan, di antara itu saya sempatkan satu kali untuk berdua saja bareng istri," ucap presenter yang akrab disapa Dika ini saat ditemui di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Berlibur bareng si kecil tentunya butuh persiapan yang matang agar tak kesulitan. Pria kelahiran 32 tahun lalu itu pun punya tips khusus untuk liburan bareng anak-anak.

Yang pertama, memilih tempat liburan yang bukan saja menyenangkan tapi juga mengandung unsur edukasi. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar hal baru dari tempat tersebut.

"Saat liburan harus sekalian learn something new. Contohnya pas kita liburan ke Bali, saya ajak mereka main di sawah. Itu kan jadi hal yang baru bagi mereka," terang Dika.

2 of 3

Cari Tiket Promosi

[Bintang] Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama
Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama. (Deki Prayoga)

Selanjutnya, tentukan tempat wisata mana saja yang mau dikunjungi, jam buka, rute dan harga tiket masuk, serta transportasinya. Menurut pria yang sudah beberapa bermain film layar lebar ini, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah penginapan.

Saat berlibur, Dika selalu berusaha mendapatkan hotel senyaman mungkin, apalagi kalau mengajak anak-anak dan anggota keluarga lainnya. "Cari hotel yang fasilitasnya memadai. Jangan cuma cari yang murah aja tapi ternyata zonk, nggak sesuai sama promosinya," tutur Dika.

Saat liburan dengan anak, tentunya barang bawaan menjadi lebih banyak. Sebaiknya, buat daftar barang apa saja yang akan dibawa agar tidak ada yang tertinggal.

Selain itu, Dika juga menyarankan agar membeli tiket pesawat dengan harga promosi atau diskon, terutama kalau membawa keluarga besar seperti dirinya.

"Kalau saya lebih suka menghemat biaya untuk transportasi dan keluar banyak uang di tempat liburan seperti untuk makan atau beli suvenir dan oleh-oleh. Makanya saya sama Ussy termasuk rajin mencari promosi harga tiket pesawat," ujar Andhika Pratama.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓