Wisata ke Mata Air Purba, Pemandian Air Panas Ciracas Purwakarta

Oleh Gilar Ramdhani pada 02 Nov 2019, 21:09 WIB
Diperbarui 02 Nov 2019, 21:09 WIB
Wisata ke Mata Air Purba, Pemandian Air Panas Ciracas Purwakarta
Perbesar
Foto: Facebook Neni Dian

Liputan6.com, Jakarta Purwakarta merupakan kabupaten yang daerahnya memiliki banyak sebaran jenis bebatuan. Mulai dari batu gamping hingga batu lempung yang merupakan hasil endapan gunung api tua dari Gunung Burangrang.

Dari sisa-sisa endapan itu, tak sedikit wilayah di Kabupaten Purwakarta yang menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah wisata alam Pemandian Air Panas Ciracas.

Lokasinya di Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Berdasarkan sejarahnya, sumber air panas ini merupakan tempat wisata yang ada sejak zaman penjajahan Belanda dan masuk kategori mata air purba.

Menariknya, ada 12 titik sumber mata air panas dan beberapa diantaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat. Kolam Air Panas Ciracas ini memang belum banyak diketahui banyak orang.

Namun untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa naik motor atau mobil karena kondisi jalan yang terbilang bagus. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan area persawahan dengan pepohonan hijau. Udaranya pun terbilang sejuk.

Atmosfer pedesaan sangat kental dan cocok dijadikan tempat berlibur. Untuk masuk ke area ini, tak ada patokan harga tiket masuk. Kamu bayar secara sukarela pada kotak amal yang tersedia.

Biaya yang kamu berikan itu, akan dikelola swadaya secara sederhana oleh pemerintah daerah setempat. Nah menurut warga setempat, sumber air panas itu selain bisa menyegarkan jasmani juga memberikan manfaat lain.

Adalah penyembuhan atau untuk pengobatan penyakit kulit, rematik, dan pegal-pegal. Bagaimana kamu penasaran dengan wisata alam mata air purba ini?

 

(*)