Makan di Kantin Kemenkes, Apa yang Disantap Menteri Kesehatan?

Oleh Henry Hens pada 01 Nov 2019, 21:04 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 21:17 WIB
Terawan

Liputan6.com, Jakarta - Salah seorang menteri Kabinet Indonesia Maju adalah dokter Terawan Agus Putranto yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan (Menkes). Beberapa kegiatan yang dilakukannya ada yang diunggah di media sosial.

Yang menarik, beredar video dirinya sedang makan siang di kantin kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.  Di sela-sela padatnya aktivitas dr Terawan, ia sempatkan makan siang di kantin kantornya sendiri.

Video tersebut diunggah oleh akun @arieflip di Twitter pada Kamis, 31 Oktober 2019. "Kantin Karyawan Kemenkes Heboh!!! Tadi siang Menkes Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto makan siang di Kantin," demikian dituliskan di keterangan video tersebut.

Akun @arieflip juga menuliskan, "Ibu pemilik kantin sampai terharu keluar air mata karena sudah 30 tahun jualan baru kali ini Menkes makan di kantin".

Video itu berdurasi sekitar 1 menit 30 detik dan banyak dapat komentar berupa pujian dari warganet. Lalu, makanan apa saja yang disantap sang menteri? Salah satunya ternyata ayam penyet.

"Saya saat ini sedang menikmati makanan luar biasa yang enak dan saya menikmatinya, ini ada tempe, tahu, buah, ada proteinnya yaitu ayam penyet," ucap dr Terawan dalam video itu.  Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto juga menambahkan, "Tidak lupa ada kerupuk karena itu ciri khas Indonesia".

Sang menteri yang ditemani beberapa pegawai Kemenkes mengatakan rasa hidangan yang dicicipnya sangat enak dan berada di Kantin Sehat Kemenkes. Di tengah-tengah video dr Terawan juga berujar akan mentraktir makan siang semua pegawai pada waktu itu.

2 of 3

Akhiri Santap Siang denga Buah

Menteri Kesehatan dr Terawan
Menteri Kesehatan dr Terawan makan siang di kantor Kemenkes. (dok.Twitter @arieflip/https://twitter.com/arieflip/status/1189856952609697792/Henry)

"Karena saya disangoni istri saya. Dompetnya tadi pas saya diisi, kalo kosong ya tidak saya traktir," canda pria 55 tahun ini.

Makan siang dr Terawan diakhiri dengan santap buah. "Saya menikmatinya sebagai bagian isi piringku," ucapnya lagi. Dokter Terawan memilih potongan buah asli dalam olahan rujak yang segar. Ia pun tak segan melahap potongan bengkuang yang dicocol ke sambal rujak. "Salam sehat, Sehat Indonesia," ucapnya di akhir video.

Sampai berita ini ditulis, video dr Terawan makan siang di kantin Kemenkes sudah disaksikan lebih dari 41 ribu kali. Warganet heboh dan ramai memberi komentar soal dr Terawan.

Salah satunya berbunyi, "Tipikal tentara, mau makan dimana saja oke. Harus diapresiasi kalo ada pimpinan yg mau makan semeja dgn bawahan. Bawahannya bangga lho kalo bisa makan semeja dgn pimpinannya," puji akun @theSOWONG.

Selain itu, ada yang mengaku pernah makan di kantin kantor Kemenkes.  "Kl mampir k sini selalu beli rujakannya krn buah2annya lengkap..menu makanannya jg lumayan enak dan yg pasti bersih..," tulis pemilik akun @liezmecom.

Ada juga yang menuangkan harapannya pada dr Terawan. "Sehat terus ya pak.. Tuhan sertai dan jaga langkah bapak dalam mengabdi kepada bangsa ini. God bless," komentar akun @maria_trifonia tentang Menkes dr Terawan.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓