Sukses

4 Barang yang Bisa Mengancam Keselamatan Anda di Hunian

Meski terkesan sepele, bahaya yang mengancam keselamatan bisa datang dari barang-barang tak terduga.

Liputan6.com, Jakarta - Hunian, baik itu apartemen maupun rumah, tak selalu menjadi tempat teraman bagi Anda dan keluarga. Bila Anda tidak waspada, benda-benda kecil di hunian justru bisa membawa bencana.

Kali ini, Dekoruma akan membagikan empat jenis benda yang harus dikeluarkan di hunian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Barang elektronik yang sudah berumur

Beberapa barang elektronik lama yang memiliki desain, fungsi, serta model yang apik memang sayang untuk dijual atau disumbangkan apabila tidak digunakan lagi. Namun, bila suatu hari barang elektronik tersebut digunakan kembali, besar kemungkinan akan terjadi konsleting yang berujung pada kebakaran.

Saat Anda sedang melakukan decluttering, pastikan Anda menyimpan barang-barang elektronik yang masih digunakan dan berusia muda. Keluarkan barang-barang elektronik yang sudah berusia agak lama. Bila memutuskan untuk menyimpannya, pastikan benar-benar dirawat dengan baik.

Makanan, make up, dan obat kedaluwarsa

Saat Anda sedang membersihkan hunian, selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa bahan makanan, make up, dan obat-obatan Anda. Barang-barang kedaluwarsa bisa membahayakan kesehatan Anda. Segera buang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Barang-Barang Berbahaya

Peralatan bayi yang lama tersimpan

Salah satu trik efektif yang bisa menghemat anggaran dan tenaga saat buah hati kedua hadir di tengah-tengah keluarga adalah menggunakan peralatan bayi yang pernah dipakai buah hati pertama. Jika Anda akan melakukan trik ini, pastikan bahwa alat-alat tersebut masih bisa digunakan dengan baik.

Peralatan yang disimpan terlalu lama dalam gudang yang lembap bisa membuat daya tahannya berkurang hingga berujung pada kerusakan dini. Maka dari itu, perhatikan alat-alat bayi lama yang akandigunakan agar tidak mencelakakan si kecil.

Furnitur dan papan kayu

Barang-barang yang terbuat dari kayu bisa memberikan nuansa alami yang cantik dalam rumah, seperti furnitur dan talenan. Ketika barang kayu Anda sudah retak, Anda perlu memperhatikannya dengan lebih baik lagi.

Anda tak perlu khawatir bila keretakannya masih berbentuk helai rambut karena masih bisa diperbaiki. Akan tetapi, bila keretakan sudah mencapai lebih dari 2 milimeter, lebih baik barang tersebut tidak digunakan lagi.

Keretakan tersebut bisa meningkatkan potensi bakteri jahat untuk berkembangbiak, bahkan bakteri yang tidak bisa ditahan oleh material kayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.