Sukses

Alasan Anak Pangeran Harry dan Pangeran William Punya Nama Keluarga Berbeda

Walau sebenarnya secara tradisional, anggota keluarga kerajaan seperti Pangeran Harry dan Pangeran William hanya dikenal lewat nama depan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Tak seperti kebanyakan saudara di Britania Raya, anak-anak Pangeran William dan Pangeran Harry malah punya nama belakang berbeda. Melansir dari Hello, Jumat (1/11/2019), bahasan ini sudah jadi pertanyaan sejak Meghan Markle melahirkan Archie Harrison pada Mei lalu.

Ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, semuanya memakai Cambridge sebagai nama keluarga, diambil dari gelar ayah mereka, Duke of Cambridge.

Saat Archie lahir, Istana Buckingham mengumumkan bahwa bocah lelaki itu tak disertakan gelar dan akan dikenal sebagai Master Archie Harrison Mountbatten-Windsor, nama belakangnya merupakan bentuk apresiasi pada sang buyut, Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh.

Berdasarkan situs resmi keluarga kerajaan, sebuah deklarasi oleh ratu di Privy Council pada 1960 mencatat, lelaki keturunan kerajaan tanpa gelar harus memakai Mountbatten-Windsor sebagai nama belakang.

"Kecuali Prince of Wales (Pangeran Charles) memilih untuk mengubah keputusan ini saat nanti jadi raja, ia akan terus jadi ahli waris House of Windsor dan cucu-cucunya akan menggunakan Mountbatten-Windsor sebagai nama belakang," begitu tambahan keterangan yang tertera di sana.

Kendati secara tradisional, anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Pangeran Wlliam dan Pangeran Harry, tidak memakai nama belakang. Mereka biasanya hanya dikenal lewat nama depan atau gelar tertentu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Belakang Pangeran Harry dan Pangeran William

Pangeran William dan Pangeran Harry sendiri tumbuh besar dengan nama belakang Wales, gelar ayah mereka Pangeran Charles, Prince of Wales.

Mereka menggunakan nama belakang Wales saat sekolah, masuk kuliah, bahkan saat menjalani pendidikan di angkatan darat.

Setelah menikah, keduanya diberi gelar baru dari nenek mereka, Ratu Elizabeth II, dan anak mereka diharapkan meneruskan gelar ini, walau kemudian Pangeran Harry dan Meghan memutuskan menanggalkan gelar tersebut. Keputusan ini diambil, lantaran keduanya ingin anak mereka tumbuh 'senormal' mungkin.

Di garis serupa, Putri Eugine dan Putri Beatrice juga menggunakan nama belakang York sebagai perpanjangan gelar ayah mereka, Pangeran Andrew, Duke of York.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.