Alasan Anak Pangeran Harry dan Pangeran William Punya Nama Keluarga Berbeda

Oleh Asnida Riani pada 01 Nov 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 01 Nov 2019, 14:45 WIB
[Bintang] Pangeran Harry dan Pangeran William

Liputan6.com, Jakarta - Tak seperti kebanyakan saudara di Britania Raya, anak-anak Pangeran William dan Pangeran Harry malah punya nama belakang berbeda. Melansir dari Hello, Jumat (1/11/2019), bahasan ini sudah jadi pertanyaan sejak Meghan Markle melahirkan Archie Harrison pada Mei lalu.

Ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, semuanya memakai Cambridge sebagai nama keluarga, diambil dari gelar ayah mereka, Duke of Cambridge.

Saat Archie lahir, Istana Buckingham mengumumkan bahwa bocah lelaki itu tak disertakan gelar dan akan dikenal sebagai Master Archie Harrison Mountbatten-Windsor, nama belakangnya merupakan bentuk apresiasi pada sang buyut, Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh.

Berdasarkan situs resmi keluarga kerajaan, sebuah deklarasi oleh ratu di Privy Council pada 1960 mencatat, lelaki keturunan kerajaan tanpa gelar harus memakai Mountbatten-Windsor sebagai nama belakang.

"Kecuali Prince of Wales (Pangeran Charles) memilih untuk mengubah keputusan ini saat nanti jadi raja, ia akan terus jadi ahli waris House of Windsor dan cucu-cucunya akan menggunakan Mountbatten-Windsor sebagai nama belakang," begitu tambahan keterangan yang tertera di sana.

Kendati secara tradisional, anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Pangeran Wlliam dan Pangeran Harry, tidak memakai nama belakang. Mereka biasanya hanya dikenal lewat nama depan atau gelar tertentu.

 

2 dari 3 halaman

Nama Belakang Pangeran Harry dan Pangeran William

Pangeran William dan Pangeran Harry di Star Wars
Pangeran William dan Pangeran Harry menghadiri premiere film The Star Wars: The Last Jedi di The Royal Albert Hall, London, Selasa (12/12). Dua Pangeran Inggris tersebut muncul dalam film besutan Rian Johnson sebagai cameo. (Vianney Le Caer/Invision/AP)

Pangeran William dan Pangeran Harry sendiri tumbuh besar dengan nama belakang Wales, gelar ayah mereka Pangeran Charles, Prince of Wales.

Mereka menggunakan nama belakang Wales saat sekolah, masuk kuliah, bahkan saat menjalani pendidikan di angkatan darat.

Setelah menikah, keduanya diberi gelar baru dari nenek mereka, Ratu Elizabeth II, dan anak mereka diharapkan meneruskan gelar ini, walau kemudian Pangeran Harry dan Meghan memutuskan menanggalkan gelar tersebut. Keputusan ini diambil, lantaran keduanya ingin anak mereka tumbuh 'senormal' mungkin.

Di garis serupa, Putri Eugine dan Putri Beatrice juga menggunakan nama belakang York sebagai perpanjangan gelar ayah mereka, Pangeran Andrew, Duke of York.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Sekumpulan Bocah Sulap Saluran Irigasi Jadi Wahana Bermain