Ziarah ke Makam Mama Sempur, Keturunan Rasulullah SAW di Purwakarta

Oleh stella maris pada 31 Okt 2019, 14:32 WIB
Diperbarui 31 Okt 2019, 14:32 WIB
Syekh Tubagus Ahmad Bakri
Perbesar
Syekh Tubagus Ahmad Bakri atau Mama Sempur/nu.or.id

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke makam seorang tokoh penting keagamaan bukan menjadi larangan. Biasanya mereka yang ziarah ke makam, bukan sekadar untuk memanjatkan doa semata. Tapi juga sebagai alarm agar individu tak terpaut pada gemerlap dunia.

Jika ingin melakukan ziarah, ada salah satu tokoh penting Islam yang makamnya patut kamu kunjungi. Adalah makam Syekh Tubagus Ahmad Bakri atau dikenal dengan nama Mama Sempur.

Makam Mama Sempur lokasinya Desa Sempur Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Mama berasal dari bahasa Sunda yang artinya Rama atau Bapak.

Dikalangan masyarakat Jawa Barat, Mama disematkan kepada Ajengan atau Kiai, sehingga sebutannya menjadi Mama Ajengan atau Mama Kiai. Sementara Sempur adalah nama desa.

Mama Sempur lahir di Desa Citeko, Kecamatan Plered, Purwakarta pada tahun 1259 Hijriah atau bertepatan pada 1839 sebelum masehi. Dia merupakan putra pertama dari pasangan KH Tubagus Sayida dan Umi.

Berdasarkan sejarahnya, Mama Sempur adalah keturunan Rasulullah SAW dari silsilah jalur ayahnya. Dikutip dari laman Nu.or.id, ayah KH Tubagus Sayida yang juga kakek dari Mama Sempur adalah KH. Tubagus Arsyad.

Dia seorang Qadi Kerajaan Banten, namun Mama Sempur nampaknya tidak berminat untuk menjadi Qadi Kerajaan Banten menggantikan posisi ayahnya dan dengan berbagai pertimbangan akhirnya dia memutuskan untuk meninggalkan Banten.

Makam Mama Sempur
Perbesar
Suasana di dekat Makam Mama Sempur/Purwakartapost.id.

Setiap hari, banyak pengunjung yang berziarah ke makam Mama Sempur. Makam itu akan dipadati pengunjung ketika puncak acara haul Mama Sempur pada 28 Juli.

Ketika haul digelar, warga sekitar memanfaatkan momen tersebut untuk menjajakan barang dagangan. Mulai dari busana muslim, foto atau poster Mama Sempur, hingga makanan.

 

(*)