Andai Para Menteri Jokowi Jadi Produk Perawatan Kulit

Oleh Henry Hens pada 31 Okt 2019, 10:02 WIB
Diperbarui 02 Nov 2019, 08:13 WIB
Sambil Lesehan, Jokowi Kenalkan Menteri Kabinet Indonesia Maju

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memilih menteri dan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) periode 2019-2024. Total ada 34 menteri dan 12 wakil menteri yang dilantik Jokowi.

Beragam reaksi datang dari masyarakat Indonesia, adaa yang mendukungm dan ada pula yang merasa kurang puas. Apa pun pendapat orang, keputusan telah diambil presiden dan kita tinggal melihat dan menunggu hasil kerja mereka.

Ada juga yang sudah member penilaian saat para menteri ini baru menjalankan tugasnya selama beberapa hari.  Salah satu yang unik dan menarik datang dari pemilk akun Twitter @audinafh dalam cuitannya pada 26 Oktober 2019.

Ia memandang para menteri Jokowi kalau diibaratkan produk perawatan kulit. Beberapa menteri yang cukup popular dianalogikan sebagai sebuah produk skincare atau perawatan kulit disertai alasan singkatnya.

Ia sebenarnya juga mengibaratkan Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dengan produk perawatan kulit, namun Liputan6.com akan lebih menampilkan beberapa nama menteri yang cukup popular dan dikenal luas.

Menteri Kesehatan

Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto diibaratkan sebagai produk Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal Mask. Produk ini banyak memakai bahan alami sehingga lebih mengurangi kecemasan karena takut tidak cocok di kulit.

Erick Thohir
Menteri BUMN Erck Thohir. (dok.Twitter @audhinafh/https://twitter.com/audhinafh/status/1187963489052028928/Henry)

Menteri BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir dianggap pas sebagai produki Crème de la Mer. Nama produk ini memang jarang kita dengar karena harganya sangat mahal dan dipasarkan secara terbatas.

Produk ini biasanya dipakai para sosialita dan selebriti. Sepertinya hal ini dikaitkan dengan sosok Erick yang merupakan pengusaha muda sukses di negeri ini.

Menteri Luar Negeri

Sebagai Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi yang kembali masuk kabinet Jokowi, diibaratkan produk Becca Shimmering Skin Perfector Pressed Highlighter.

Sesuai namanya, produk ini cocok untuk meng-highlight bagian-bagian tubuh yang ingin ditonjolkan. Bisa dibilang, sang menteri bisa menampilkan wajah Indonesia yang menawan di mata dunia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 4

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (dok.Twitter @audhinafh/https://twitter.com/audhinafh/status/1187963489052028928/Henry)

Kali ini giliran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Menteri termuda di kabinet Jokowi ini disamakan dengan produk NIOD Copper Amino Isolate Lipid (CAIL) 1% yang dikenal sangat canggih.

Produk ini bertekstur gel tapi saat dipakai berubah menjadi seperti minyak tapi sangat ampuh melindungi kulit. Mungkin Nadiem diharapkan bisa membuat dunia pendidikan dan kebudayaan jadi lebih hebat dan terdepan.

Menkopolhukam

Jabatan Menteri Kordinator Politik, Hukum dan Keamanan dipegang oleh Mahfud MD. Mantan ketua Mahkmah Konstitusi ini diibaratkan produk Lancôme Advanced Génifique Sensitive Antioxidant Serum High performing antioxidant.

Produk ini digunakan untuk menjaga kulit agar awet muda dan penangkal radikal bebas atau antioksidan. Pas dengan tugas beliau untuk menangkal radikal bebas di bumi Indonesia.

Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (dok.Twitter @audhinafh/https://twitter.com/audhinafh/status/1187963489052028928/Henry)

Menteri Pertahanan

Penunjukkan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan memang paling menyita perhatian. Maklum saja, karena ia sempat bersaing dengan Jokowi saat Pemilihan Presiden (Pilpres).

Prabowo yang sekarang bertugas menjaga pertahanan Indonesia dianalogikan sebagai Vaseline Petroleum Jelly yang merupakan produk lama tapi jadi favorit banyak orang atau cult favorite. Produk ini sangat kuat kencang, dan dapat melindungi kulit dari segala hal. Begitu juga dengan Prabowo yang diharapkan dapat melindungi Indonesia dari beragam gangguan.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Angela Tanoesoedibjo didapuk sebagai Wakil Menteri Parekraf. Wakil Menteri termuda ini disamakan dengan produk Christian Louboutin Velvet Matte Rouge yang termasuk mahal dan berkelas. Seperti Angela, lipstik ini hanya dipakai orang-orang tertentu seperti putri para bangsawan dan konglomerat.

3 of 4

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Wishnutama
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. (dok.Twitter @audhinafh/https://twitter.com/audhinafh/status/1187963489052028928/Henry)

Jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) diemban oleh Wishnutama Kusbandio yang selama ini dikenal dengan karya-karyanya yang kreatif di bidang televisi.

Wishnutama dianalogikan sebagai All Anastasia Beverly Hill's Eyeshadow Palette yang bisa membuat beragam kreasi makeup. Hal ini dianggap sesuai dengan reputasi Wishnutama yang sangat kreatif dan inovatif, dan ilmunya diharapkan bisa ditularkan di Kementerian Parekraf.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓