Pecinta Kerajinan Keramik, Coba Deh ke Daerah Plered Purwakarta

Oleh Reza pada 30 Okt 2019, 16:17 WIB
Diperbarui 30 Okt 2019, 16:17 WIB
Kerajinan Keramik
Perbesar
Kerajinan Keramik di Plered Purwakarta (Foto:purwakarta-tourism.com).

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kolektor yang hobi mengumpulkan barang-barang, sebagian orang tak ragu merogoh kocek dalam-dalam demi melengkapi semua seri benda kesayangannya. Tak ketinggalan pecinta kerajinan keramik. 

Beberapa orang bahkan rela memesan kerajinan keramik dari luar negeri. Padahal, industri kerajinan keramik ada pula yang berlokasi di Pulau Jawa. Daerah Plered misalnya. 

Berlokasi di Purwakarta, keramik Plered punya keunikan serta keunggulan desain dan warna. Selain itu, industri keramik Plered juga sudah di ekspor ke Eropa.

Dilansir SCTV, salah satu pedagang keramik plered, Supriadi, pembuatan keramik plered berlangsung turun temurun dan menjadi sentra keramik sejak 1904. Awalnya, warga Plered membuat keramik dari tanah liat guna memenuhi kebutuhan barang rumah tangga. 

Namun, Tapi sekarang sudah menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat. Bentuknya pun sudah bermacam macam, seperti hewan, buah-buahan, celengan, pot, dan lain lain.

Uniknya, saat kamu berkunjung ke lokasi itu. Kamu juga bisa menyaksikan pembuatan kerajinan keramik secara langsung. Dan saat membeli kerajinan ke sana langsung harga lebih murah dan terjangkau. 

 

(*)