Sukses

Bikin Video Aktivitas Outdoor jadi Lebih Cinematic, Perhatikan Tiga Hal Ini

Produsen smartphone berlombalomba meningkatkan fitur-fitur kameranya karena semakin banyak orang yang gemar merekam aktivitas outdoor mereka.

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas outdoor semakin digandrungi masyarakat modern. Orang mulai banyak tertarik untuk naik gunung, bersepeda, jogging, skateboard dan sepatu roda, serta melakukan aktivitas travelling sesuai dengan minat atau hobi masing-masing.

Berkembangnya tren aktivitas outdoor ini menjadikan para produsen alat-alat pendukungnya juga turut mengikuti tren. Termasuk produsen smartphone yang kini semakin meningkatkan fitur-fitur kameranya karena banyak orang yang gemar merekam aktivitas outdoor mereka.

Nah, untuk menghasilkan rekaman video aktivitas outdoor jadi lebih cinematic ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Sebagai informasi, proses untuk mendapatkan video cinematic tidak hanya pada saat editing, melainkan dipersiapkan dari awal yakni konsep/storyboard yang bagus dan teknik pengambilan gambar yang tepat.

Untuk bisa hasilkan video cinematic ketika pengambilan gambar kamu perlu perhatikan hal ini:

1. Video minimal kualitas Full HD

Untuk menghasilkan video cinematic, pertama smartphone kamu tentunya harus mendukung pembuatan video Full HD atau beresolusi 1080P. Sehingga hasilnya lebih jernih dan tidak noise. Selain itu perhatikan juga aspek rationya, pilih 16:9 sehingga gambar yang dihasilkan menjadi lebih panjang/lebar.

2.  Lensa wide yangberesolusi tinggi

Pemilihan lensa memegang peranan penting untuk hasilkan video yang cinematic. Gunakan lensa wide yang memiliki sudut lebar agar bisa menangkap momen yang lebih luas. Lensa ini juga perlu dukungan kamera dengan resolusi yang baik agar gambar tidak pecah dan mampu menangkap gambar dengan optimal.

3. Posisi pengambilan video

Kalau kualitas kamera dirasa cukup baik, langkah selanjutnya adalah pengambilan video. Berdasarkan sudut pengambilan gambarnya setidaknya ada 7 macam teknik. Seperti frog eye, low angle, eye level, high angle, bird eye, slanted, dan over shoulder.

Sementara itu kalau berdasarkan ukuran gambar ada 10 yakni extreme close up, big close up, close up, medium close up, medium shot, full shot, long shoot, one shoot, two shoot, dan group shoot. Pengetahuan tentang teknik ini terbilang penting untuk kamu yang ingin konsisten menghasilkan video yang baik dan sesuai konsep.

Ketika sudah memilih teknik, langkah selanjutnya adalah mengambil gambar secara halus dan stabil. Maksudnya adalah jaga agar smartphone yang digunakan tidak goyang-goyang. Pengambilan video secara halus dan stabil sudah menjadi standar videografer profesional. Kalau video goyang-goyang secara tak langsung akan disebut sebagai video amatiran.

Untuk video halus dan stabil solusinya bisa menggunakan tripod, lazypod dan stabilizer, tapi apakah kita akan selalu siap membawa perlengkapan itu? Di sinilah pentingnya kamu memiliki sebuah smartphone dengan fitur videografi lengkap, minimal memiliki fitur anti-shake yang bagus dan video zoom yang berkualitas. 

OPPO Reno2, smartphone terbaru dari OPPO Reno Series membawa fitur videografi lengkap untuk mendukung kamu menghasilkan video cinematic. Di antaranya Ultra Steady Video (OIS+EIS), 5x Hybrid Zoom Video, Deep Bokeh Video dan Ultra Wide Angle Video.

Ultra Steady Video di OPPO Reno2 memungkinan pengguna mereka video dengan sangat stabil hanya dengan menekan satu tombol. Hasil perekaman stabil dapat dilakukan karena pada Quad Camera (konfigurasi 4 kamera belakang) sudah tersemat gyroscope dan OIS + EIS (Optical Image Stabilization + Electronic Image Stabilization) serta dukungan sensor IMU untuk memaksimalkan stabilitas perekaman video dengan baik.

Quad Camera konfigurasi 4 kamera dengan setup berurutan dari atas-bawah; Kamera Utama 48MP + 8MP Ultra Wide Angle Lens 116° + 13MP Telephoto Lens + 2MP Mono Lens.

Fitur Video Zoom OPPO Reno2 beresolusi 13MP bisa melakukan 5x Hybrid Zoom pada perekaman video. Sehingga bisa mendukung kegiatan extreme sport dan menangkap pemandangan epik yang cukup jauh yang sulit untuk dijangkau.

Untuk bisa mendapatkan sudut rekaman yang lebih luas, kamu bisa mengandalkan OPPO Reno2 yang dilengkapi fitur Ultra Wide Angle Video. Sudut pandang rekaman video menjadi lebih luas hingga 116° pada resolusi 8MP.

Selain unggul dalam hal videografi, OPPO Reno2  juga didukung Ultra Dark Mode yang memungkinkan pengguna untuk mengambil potret dalam gelap tanpa cahaya dengan hasil yang jauh lebih jernih dan terang.

OPPO Reno2 semakin menjadi pendamping yang sangat pas untuk para videografer profesional atau seseorang yang memiliki passion di bidang videografi. Karena OPPO Reno2 memiliki kapasitas RAM 8GB dan ROM 256GB serta baterai besar 4000mAh lengkap dengan VOOC 3.0. Fitur lebih lengkapnya mengenai OPPO Reno2 klik di sini. Nantikan juga kehadiran #OPPOReno2 di seluruh Indonesia pada 31 Oktober 2019!

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini