Beragam Keuntungan Menjalani Bisnis Travel Agent

Oleh Liputan6.com pada 29 Okt 2019, 15:18 WIB
Diperbarui 29 Okt 2019, 15:18 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini semakin banyak masyarakar Indonesia, terutama anak muda, yang gemar melakukan traveling. Hal itu berimbas pada usaha agen perjalanan yang semakin menanjak. Salah satunya adalah Via.com Indonesia.

Sebagai perusahaan the Largest Travel Exchange di bidang B2B (business to business), Via.com Indonesia memiliki program gathering untuk mempererat ikatan dengan para mitranya.

Perusahaan yang berdomain di id.via.com ini menawarkan kemudahan, kualitas, dan efisiensi biaya yang membuat para Mitra mampu mengembangkan sendiri bisnis travel mereka.

Yang terbaru, mereka bekerja sama dengan Etihad Airways dengan mengajak lebih dari 50 Mitra Via yang termasuk The Best Agent untuk mengikuti Gathering “Grow With Via”.

Event yang memadukan acara keakraban, pengenalan brand, dan outbound ini menjadi momen pertemuan antara Mitra Via dengan perusahaan guna mempererat ikatan pelanggan serta meningkatkan semangat untuk terus maju dan berkembang.

Acara yang berlangsung di Malang, Jawa Timur, selama dua hari satu malam ini dihadiri lebih dari 50 Mitra Via, pihak Etihad Airways, dan pihak Via.com Indonesia. Para peserta berkumpul di Surabaya Airport lalu menuju ke lokasi acara sekaligus tempat menginap yakni Hotel Jambuluwuk Batu, Malang.

Begitu tiba di hotel, para peserta pun langsung Check In dan makan siang bersama. Acara dibuka dengan Welcome Speech oleh Arif Kurniawan selaku Regional Sales Manager Via.com Indonesia, kemudian disambung Welcome Speech oleh Soumik Choudhury selaku AVP Distribution Via.com Indonesia.

Soumik juga menyampaikan, dengan lebih dari 17.000 agen yang tersebar di seluruh negeri, Via.com Indonesia memang berkomitmen untuk mendukung pengembangan bisnis para Travel Agent yang menjadi Mitra Via. “Salah satu caranya dengan mengadakan event Gathering ‘Grow With Via’ yang disponsori oleh Etihad Airways pada 23-24 Oktober 2019 ini,” ucap Sournik. 

Travel Agent
Gathering “Grow With Via. foto: istimewa

Di hari pertama, ada presentasi langsung dari Via.com Indonesia dan Etihad Airways untuk menambah pengetahuan para agen tentang bisnis travel Via.com, me-refresh produk yang sudah berjalan, juga menginfokan produk yang akan ada di Via.com dan Etihad Airways.

Acara pun dilanjutkan dengan ramah tamah sambil diselingi live music. Di momen ini, para peserta dapat saling berkenalan dan mengakrabkan diri.

Hari kedua menjadi momen yang cukup mendebarkan sekaligus tak terlupakan. Hal ini dikarenakan agenda utamanya berupa outbound water rafting yang cukup menegangkan namun mengasyikkan. Para peserta dibawa menyusuri aliran air, berbasah ria, sambil menikmati pemandangan alam yang memukau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan pulang kembali ke Surabaya dan Jakarta.  Tujuan diadakannya gathering ini, yaitu untuk menjalin kedekatan emosional dengan para agen, membahas mengenai beragam kendala yang agen alami sehingga dapat langsung berinteraksi dengan Via.com dan Etihad Airways.

Direktur Via.com Indonesia Srinivas Murthy berharap, dengan adanya kegiatan gathering ini, semoga hubungan Via.com dan Mitra Via dapat kian dekat dan harmonis. Event ini juga selaras dengan core value kami yakni Customer First, Mutual Respect, dan Passion.

Travel Agent
Gathering “Grow With Via. foto: istimewa

Pertama kali didirikan di India pada 2006, Via.com masuk ke Indonesia pada 2011. Di Indonesia, mereka mempunyai sistem reservasi yang menawarkan berbagai pilihan produk seperti Tiket Penerbangan, Hotel, Paket Liburan, Kereta Api, Pulsa dan Payment Point Online Bank (PPOB), serta Bus. Hingga saat ini, Via.com Indonesia telah memiliki jaringan lebih dari 17.000 Mitra Via yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para Mitra Via (sebutan bagi Travel Agent yang bergabung dengan Via.com Indonesia) sendiri berasal dari latar belakang yang beragam. Ada agen non-IATA yang terbantu dengan proses issued yang mudah melalui sistem Via.com. Ada juga agen IATA yang terbantu dengan teknologi Via.com.

Untuk Anda yang senang jalan-jalan, berbisnis travel tentu membawa keuntungan tersendiri. Yang pertama yakni keuntungan real yang diperoleh sebagai pebisnis wisata. Keuntungan kedua, kalau ingin jalan-jalan pribadi maka bisa memanfaatkan bisnis wisatanya untuk memperoleh harga jauh lebih hemat.

Dengan penawaran keuntungan tersebut tentu cukup menggoda untuk membuka bisnis wisata/travel. Dan dengan hadirnya Via.com Indonesia, tentu sangat membantu bagi mereka yang baru ingin memulai bisnis ini, ataupun yang ingin mengembangkan bisnis wisatanya agar lebih besar dan meraih banyak keuntungan.