Sukses

Cardigan Berlubang Kurt Cobain Terlelang Seharga Rp4,6 Miliar

Cardigan legendaris milik Kurt Cobain tersebut bahkan dikatakan tidak dicuci hingga kini.

Liputan6.com, Jakarta - Grup band legendaris Nirvana telah menemani para pecinta musik dunia dari 1987 hingga 1994. Grup ini bubar setelah vokalisnya, Kurt Cobain melakukan bunuh diri. Meskipun demikian, lagu-lagu dan karyanya tetap digemari banyak orang hingga kini.

Buktinya, cardigan Kurt Cobain baru-baru ini dilelang dan laris terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah. Cardigan tersebut dikenakannya pada 1993 untuk syuting acara MTV Unplugged.

Melansir dari Independent, 28 Oktober 2019, cardigan warna hijau zaitun tersebut terlelang dengan harga 334 ribu dolar Amerika, atau setara dengan Rp4,6 miliar. Padahal, lelangnya baru dilaksanakan selama dua hari di Hard Rock Cafe di New York.

Cardigan ini memang sudah menjadi sebuah legenda. Bukan hanya karena dikenakan oleh penyanyi kelahiran 20 Februari 1967 ini saja, tapi dilaporkan pakaian tersebut tidak pernah dicuci hingga kini. Julien's Auctions selaku penyelenggara mengatakan bahwa cardigan ini merupakan salah satu sweater paling terkenal di sejarah permusikan.

Terjualnya cardigan ini dengan harga fantastis tersebut tidak diprediksi sebelumnya. Mulanya, pihak penyelenggara mengira hanya akan terlelang sekitar 200 ribu hingga 300 ribu dolar AS, atau setara dengan Rp2,8 miliar hingga Rp4,2 miliar. Nyatanya, cardigan tersebut terjual hingga Rp4,6 miliar dan menjadikannya sebagai cardigan paling mahal yang pernah terlelang.

Uniknya, pakaian legendaris ini memiliki bolongan yang disebabkan oleh rokok. Terlihat bolongan tersebut terletak di bagian bawah cardigan merek Manhattan ini, tepatnya di dekat kantong bagian kiri. Sudah berusia puluhan tahun, warna cardigan Kurt Cobain tersebut memudar, khususnya pada bagian kantong kanan dan kiri.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lelang Barang Lain

Selain cardigan, barang lainnya dari pelantun Smells Like Teen Spirit ini juga ada dilelang. Tak kalah, barang-barang tersebut juga terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah.

Beberapa di antaranya adalah gitar kustom merek Fender yang digunakan Kurt Cobain pada 1993 di tur In Utero. Gitar tersebut didesain khusus untuk orang kidal dan memiliki warna biru kehijauan.

Setelah dipajang selama beberapa tahun di Rock and Roll Hall di Hall of Fame, Ohio, Amerika Serikat, pada lelang ini gitar tersebut terjual dengan harga 340 dolar Amerika serikat, yang artinya setara dengan Rp4,7 miliar.

Pelelangan gitar ini juga menjadi lebih spesial karena ditemani oleh surat cinta dari Courtney Love, istri Kurt Cobain yang dinikahinya pada 1992. Surat tersebut dikatakan menjadi salah satu inspirasi Kurt dan menjadikannya sebagai salah satu instrumen favorit.

Lelang yang dilaksanakan ini tidak hanya menjual barang milik Kurt, tapi ada pula barang dari penyanyi legendaris lainnya. Disebutkan, ada lebih dari 700 barang dari para musisi, seperti Elvis Presley, The Beatles, Michael Jackson, Madonna dan Jimi Hendrix. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.