Sukses

Hengky Kurniawan Suarakan Persatuan di Hari Sumpah Pemuda

Lewat video singkat ini, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyuarakan spirit Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Sumpah Pemuda, dekralasi kaum nasionalis muda Tanah Air di Kongres Pemuda Kedua telah menggema 91 tahun silam. Sejak saat itu, Hari Sumpah Pemuda dirayakan setiap tanggal 28 Oktober.

Bertepatan dengan momen ini, ada sederet pesohor yang ikut membangkitkan semangat Sumpah Pemuda. Satu di antaranya adalah Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan.

Suami Sonya Fatmala ini menyuarakan spirit Hari Sumpah Pemuda. Hal tersebut disampaikan Hengky Kurniawan melalui video singkat yang diunggah di akun Instagram pribadi pada 27 Oktober 2019.

Hengky Kurniawan terlihat berada di sebuah ruang yang minim penerangan. Ia tampil dalam balutan baju lengan panjang hitam dan tata rambut yang rapi sembari mengungkapkan pesan terkait Sumpah Pemuda.

"Sumpah adalah janji suci di hadapan Tuhan. Mereka tahu, sumpah bukanlah mainan. Bukanlah kata-kata hampa yang terlontar dan bukan kalimat kosong tanpa nalar." kata Hengky dalam video.

Tampak pula, ayah tiga anak ini terduduk sambil menyampaikan pesan demi pesan dengan penuh semangat. "Para pemuda bersumpah dengan tiga janji dengan segenap tumpah darah mereka tepati." lanjut Hengky Kurniawan.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kobaran Semangat

Hengky Kuniawan juga mengobarkan semangat Sumpah Pemuda melalui pesan lain. Salah satunya menyebut jika para pendahulu masih hidup hingga kini, apakah mereka akan bangga dengan penerus bangsa.

"Andaikan mereka hidup sampai saat ini, apakah mereka bangga sama kita? Kini saatnya kita peduli dengan Indonesia kita. Menyatukan yang tercerai berai," kata Hengky Kurniawan.

Ungkapan tentang persatuan turut disampaikan Hengky. Tak ketinggalan, ia juga lantang berpesan dan membentuk satu jari dan menutupnya dengan kepalan tangan.

"Wahai pemuda, saatnya kita bersatu. Satu nusa, satu bangsa, satu bahasa, Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda," tutup pria berusia 37 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.