Sukses

Tips Tidur Nyaman Saat Penerbangan Jarak Jauh

Penerbangan jarak jauh bukanlah keadaan ideal untuk tidur dengan nyaman, tapi ada tips untuk bisa lebih nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang suka berpergian jauh, baik untuk keperluan pekerjaan maupun traveling, tentu sudah terbiasa naik pesawat terbang selama berjam-jam.

Penerbangan jarak jauh yang bisa memakan waktu sampai belasan jam, tentu bukanlah keadaan ideal untuk dapat tidur dengan nyaman atau sekedar beristirahat, kecuali Anda memiliki bujet untuk membeli kursi di kelas bisnis.

Namun ada beberapa cara untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman. Huffington Post meminta beberapa penulis blog perjalanan (travel blogger) untuk berbagi kiat agar dapat beristirahat bahkan tidur dengan lebih nyaman ketika dalam penerbangan jarak jauh.

Dilansir dari Antara, cara pertama adalah mengurangi konsumsi gula serta minuman beralkohol. Beberapa orang berpikir alkohol bisa membuat tidur menjadi lebih pulas di pesawat. Benarkah?

Namun kenyataannya hal itu hanya bertahan sekitar tiga hingga empat jam saja.  Alkohol hanya akan membuat Anda terbangun dari tidur dengan sakit kepala, rasa haus, dan selanjutnya akan kesulitan untuk kembali tidur.

Sedangkan terlalu banyak gula dapat menyebabkan perut kembung sehingga Anda tidak akan merasa nyaman sepanjang perjalanan atau penerbangan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepatu dan Metode Tentara

Selain itu, faktor pakaian dan sepatu yang nyaman juga berpengaruh. Travel blogger Kay Dougherty mengatakan sepatu jenis slip on yang longgar akan membuat perjalanan jarak jauh lebih nyaman.

Sepatu yang longgar akan memberikan ruang tambahan untuk kaki yang membengkak karena terlalu lama duduk di dalam pesawat.

Metode tidur seperti yang dilakukan para tentara juga dapat membantu penerbangan jarak jauh Anda menjadi lebih nyaman. Pertama, Anda perlu mengendurkan semua otot wajah termasuk lidah, rahang, dan otot-otot di sekitar mata.

Lalu jatuhkan bahu Anda dan biarkan anggota tubuh lainnya rileks seolah-olah mereka mati rasa. Cobalah untuk mengatur dan mengendalikan napas dan lambat laun Anda akan tertidur dengan rasa nyaman saat melakukan penerbangan jarak jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.