Sukses

Manisan Khas Cianjur yang Jadi Favorit Mantan Presiden SBY

Salah satu manisan paling terkenal di Cianjur adalah Manisan Ny. TAN, yang tak pernah sepi pembeli.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas. Begitu juga dengan daerah Cianjur, Jawa Barat. Selain taoco dan juga beras, Cianjur memiliki manisan yang khas yang patut dicicipi.

Salah satu manisan terlama dan paling terkenal di kawasan tersebut adalah Manisan Ny. TAN, Mulia Sari. Berlokasi di Jl. Hos Cokroaminoto no. 205, Cianjur, menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini juga tak sepi oleh pembeli.  Pasalnya tempat tersebut bisa dibilang sangat strategis.

Manisan Cianjur pertama ini didirikan oleh Mulyawati wanita keturunan Tionghoa yang sering dipanggil Ny Tan pada era 1950-an. Saat itu mereka menjual beberapa rasa seperti manisan salak, mangga, kedondong, pala. Selain itu rasanya juga variatif, ada yang manis dan ada yang pedas manis.

Dilansir dari Fimela yang mengikuti acara Perempuan Penggiat Ekonomi, di Cianjur, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, salah seorang pedagang mengatakan buah yang dijual termasuk yang segar.

"Kalau buah-buahnya kita pakai buah dari Indramayu, seperti salak, mangga, kedondong, dan pala. Kalau manisan di sini dikasih air. Airnya kita pakai air ledeng, kalau pakai air sumur buahnya jadi jelek. Kalau gulanya pakai gula pasir," ungkap salah satu pegawai.

Dari sekian banyak rasa yang dijual, pegawai tersebut mengatakan bahwa manisan yang sering kali dipesan dan dibeli pengunjung adalah manisan salak dan mangga.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Minimal Order

Harga jual rata-rata manisan buah di sentra ini berkisar Rp40 ribu sampai Rp100 ribu per kilogram. Bagi konsumen tidak diterapkan minimal order.

Namun kalau ada pengiriman ke luar Cianjur biasanya ongkos kirim bakal dibebankan ke pembeli.

Selain kawasan Cianjur, Manisan Ny Tan juga kerap menerima pengunjung dari luar Cianjur seperti Bogor, Jakarta, Bandung. Toko manisan ini melayani pengunjungnya dari pukul 08.00 - 19.00 WIB.

Yang menarik lagi, manisan sering dibeli dan jadi favorit Presiden RI ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat masih menjabat, SBY sering membeli manisan tersebut terutama saat sedang berada di Istana Cipanas.  (Syifa Ismalia/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.