Libur Akhir Tahun, Coba deh ke Mata Air Cijanun

Oleh Reza pada 26 Okt 2019, 22:44 WIB
Diperbarui 26 Okt 2019, 22:44 WIB
Taman Batu Cijanun
Perbesar
Instagram @dyan.wiyoto27.

Liputan6.com, Jakarta Momen akhir tahun menjadi waktu yang pas untuk untuk liburan bersama seluruh keluarga atau pun sahabat. Liburan akhir tahun tentu sangat ditunggu-tunggu sebagai momentun untuk refreshing dari kegiatan yang padat. Kamu bisa mencari referensi melalui media sosial.

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan sebuah destinasi baru yang terletak di Purwakarta. Destinasi itu adalah wisata mata air alami, yaitu Taman Batu Cijanun. Dari penamaannya, wisata alam masuk daerah gugusan Gunung Burangrang, Kampung Cijanun dan Lembang Sari Desa Cipeundeuy Kecamatan Bojong yang identik dengan bebatuan.

Jadi, jika kamu datang ke tempat ini pasti akan menemukan bebatuan dari kecil hingga besar. Lantaran mata air yang jernih, wajar bila akhirnya tempat wisata ini menjadi primadona, bukan hanya bagi masyarakat sekitar, tapi juga para wisatawan lain yang penasaran dengan keindahan mata air ini.

Lalu apa yang menarik dari wisata alam Taman Batu Cijanun ini? Sudah pasti kolam mata air asli yang jernih, ditambah pemandangan alam. Asri tentunya dan suasana sejuk khas pedesaan.

Taman Batu Cijanun seluas lima ribu meter persegi ini punya beberapa kolam yang bisa dinikmati para pengunjung. Pertama, kolam mata air asli dari pegunungan ini memiliki kedalaman sekitar tiga meter.

Taman Batu Cijanun
Perbesar
Instagram @asep.rizwan.

Kedua kolam yang dapat dinikmati anak-anak karena kedalamannya hanya sekitar 50 sentimeter. Nah yang harus diperhatikan adalah dasar kolam yang penuh bebatuan. Jadi kamu harus ekstra hati-hati ya! Menariknya lagi, tempat ini dapat diandalkan untuk mendapatkan konten foto yang Instagramable.

Oh ya, tak perlu khawatir untuk fasilitas kebersihan. Tempat wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai kok. Ada ruang bilas, ruang ganti, dan toilet. Juga ada saung dan pendopo di tepi kolam yang dapat digunakan untuk tempat bersantai dan istirahat.

Taman Batu Cijanun
Perbesar
Instagram @ibrahimwendi via @exolorepurwakarta.

Jika perut mulai keroncongan, kamu bisa memesan makanan dari warung-warung yang ada dipinggiran kolam. Ada nasi liwet, lotek, karedok, dan sate maranggi andalan Purwakarta.

Untuk sampai ke tempat ini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat kota Purwakarta. Soal harga tiket masuk, sangat ramah kantong! Cukup bayar Rp10 ribu per orang untuk semua usia. Biaya parkir mobil Rp5 ribu dan motor Rp3 ribu.

Jadi, sudah siap atur jadwal untuk menikmati liburan akhir tahun ke tempat wisata alam menarik ini? 

 

(*)