Sukses

Sederet Menu Makanan Sederhana Irin Tiko, Istri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo

Irin Tiko, istri Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo suka dengan kuliner. Berikut sederet menu sederhana Irin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 12 Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jumat (25/10/2019). Dari sejumlah nama yang dilantik, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo adalah salah satunya.

Lelaki yang akrab disapa Tiko itu termasuk sosok sederhana, termasuk dalam hal makanan, meski sempat menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sebagai contoh saat Ramadan, Kartika Wirjoatmodjo suka berkunjung ke rumah makan yang menjual sup kaki kambing. Sementara itu, kalau Lebaran makanan favoritnya ketupat sayur.

Selera makanannya tak jauh berbeda dengan sang istri, Irin Tiko. Di akun Instagram pribadinya, Irin sering mengunggah foto-foto makanan, termasuk buatannya sendiri.

Dari banyak makanan, perempuan yang pernah jadi Penasihat Utama Ikatan Istri Keluarga Bank Mandiri (IIKBM) ini lebih sering mengunggah makanan-makanan Indonesia ketimbang western food. Dalam salah satu unggahannya, ia sempat mengunggah semangkuk mi.

"Nikmatnya libur di tengah minggu bisa berkumpul dengan keluarga sambil sambil menyantap mie jawa istimewa bikinan ibu," tulis Irin Tiko sebagai keterangan foto pada 17 April 2019.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencicipi Makanan Daerah

Irin Tiko juga mencicipi makanan-makanan daerah saat berkunjung keluar kota. Ia menyantap nasi kapau saat berada di Bukittinggi, nasi jamblang ketika menyambangi Cirebon. Ia juga menyukai makanan lain, seperti bubur manado, soto, pecel, gorengan, dan telur dadar.

"Pagi sarapan gorengan, siang makan telur dadar plus bihun dan nasi. Alhamdulillah nikmat. Untung langsung pulang," tulis Irin sebagai keterangan foto pada 15 September 2019.

Sebelumnya, Irin Tiko juga sempat mengunggah sebuah foto makanan khas Kudus, Jawa Tengah. Nama menunya nasi ayam panggang opor Sunggingan.

"Pertama kali mencoba makanan khas Kudus ini sewaktu berkunjung ke pabrik klien hampir 10 tahun yang lalu," jelas Irin.

Irin menjelaskan, nasi ayam panggang opor Sunggingan adalah nasi putih dengan lauk ayam panggang yang digunting-gunting cara penyajiannya, ditambah semur tempe-tahu. Setelah itu, disiram kuah opor dan cabai rawit utuh ekstra lauk garang asam ati ampela.

"Nikmatnya luar biasa, ponten 10 dari sayadan makin terasa gregetnya karena porsinya 'kecil' untuk ukuran ibu-ibu. Namun, sayangnya tidak memungkinkan untuk di take away agar bisa dinikmati malam hari ataupun esok harinya karena kuah opor mudah rusak," tulis Irin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.