Sukses

6 Rekomendasi Wisata Air Buatan untuk Segarkan Tubuh di Cuaca Panas

Cuaca panas sedang melanda hampir seluruh wilayah di Nusantara. Berwisata ke destinasi wisata air buatan bisa menjadi opsi terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki puncak musim kemarau, beberapa daerah di Indonesia mengalami cuaca yang panas dan terik. Hal ini membuat orang jadi mudah lelah beraktivitas di siang hari. Karena cuaca ini akan bertahan untuk beberapa hari ke depan, Anda bisa mencoba wisata air buatan yang ada di Indonesia untuk menyegarkan tubuh.

Selain bisa menyegarkan tubuh saat cuaca terik, pergi ke wisata air buatan juga bisa dijadikan sebagai agenda rekreasi Anda. Untuk sampai ke sana, Anda tidak perlu mencari tempat yang jauh karena saat ini wisata air buatan sudah banyak dibuat di banyak daerah sekitar Jakarta.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi wisata air, berikut adalah rekomendasi Liputan6.com tentang objek wisata air buatan yang ada di berbagai kota.

1. SnowBay Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Objek wisata Snowbay TMII ini terkenal karena fasilitas wisatanya sangat beragam. Luas taman wisata yang berlokasi di Komplek Taman Mini Indonesia Indah, Pinang Ranti, Jakarta Timur ini mencapai tiga hektare.

Untuk sampai ke Snowbay TMII, Anda bisa naik transportasi umum TransJaakarta atau menggunakan kendaraan pribadi. Ada banyak jenis kolam dari mulai kolam tenang, kolam arus, hingga kolam dengan air bergelombang yang sensasinya tak kalah dengan pantai asli.

Selain itu, ada juga wahana wisata yang bisa menghibur dan membuat wisata air menjadi tertantang. Wahana tersebut ada Huricane, Tube Coaster, Flush Bowl, Everslide yang berjenis perosotan air curam dan berkelok. Untuk masuk ke dalam Snowbay TMII ini, Anda cukup membayar tiket seharga Rp141 ribu pada saat weekday, dan Rp183 ribu pada saat weekend.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. The Jungle Water Adventure

Taman wisata The Jungle Water Adventure ini berlokasi di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Bogor Selatan, Jawa Barat. Karena taman wisata ini terletak jauh dari perkotaan, untuk sampai ke sana, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan bus rombongan.

Anak yang boleh masuk ke dalam wisata air buatan tersebut harus memenuhi tinggi minimal 80 cm. Wahana air yang ada di dalam sangat beragam. Rata-rata didesain untuk anak, jadi tidak ada wahana yang terlalu curam dan berbahaya.

Terdapat kolam air hangat, kolam perosotan, kolam ombak, kolam apung, kolam arus, hingga lapangan futsal air. Tiket masuk ke dalam pun termasuk murah, yaitu per kepala dikenai biaya Rp85 ribu saat weekday dan Rp100 ribu saat weekend. Dengan tiket itu, Anda bisa mencoba semua wahana yang ada di dalam The Jungle Adventure, termasuk Birdpark dan The Jungle 4D Cinema.

3. Atlantic Dreamland

Taman air yang berada di daerah Salatiga Jawa Tengah ini memiliki luas taman sebesar tiga hingga lima hektare. Ada 19 wahana di dalamnya dan salah satunya adalah waterboom. Kolam renang dengan wahana air di dalamnya bukan hanya bisa dinikmati anak anak saja, melainkan untuk orang dewasa juga.

Harga tiket masuknya terhitung murah yaitu hanya Rp55 ribu untuk seluruh wahana di dalam Atlantic Dreamland, dari wahana air hingga wahana bermainnya.

Untuk sampai ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum bus dan turun di Terminal Tingkir Surakarta. Tempatnya tidak jauh dari terminal dan mudah menemukannya karena Atlantic Dreamland berada persis di pinggir jalan raya.

 

3 dari 3 halaman

4. Columbus Waterpark

Taman wisata air ini juga tak kalah seru karena terdapat banyak perosotan dari yang kecil hingga yang curam khusus dewasa. Wisata yang belokasi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat ini memiliki banyak wahana air dan wahana non air untuk anak.

Ada spot wahana air dengan nuansa pantai yang disebut Bahama. Tempat itu menyediakan kolam dengan suasana pantai seperti ombak dan lapangan voli di pinggir kolam yang didesain seperti penampakan pantai asli. Kemudian terdapat replika kapal layar dan mercusuar yang semakin mendukung suasana laut mini.

Tiket masuknya berkisar dari mulai Rp30 ribu hingga Rp60 ribu. Dalam kawasan wahana bukan hanya terdapat wahana air, tapi juga terdapat flying fox yang bisa Anda coba untuk menantang adrenalin tubuh Anda.

5. Citraland Waterpark Pekanbaru

Panas di Pekanbaru juga tidak kalah dengan di Jakarta. Citraland Waterpark adalah wisata air buatan yang berada di Pekanbaru, persisnya di Jl Soekarno Hatta, Tengkareng, Kota Pekanbaru. Luas taman air ini sekitar 1 hektare.

Meskipun tidak terlalu besar, fasilitas yang ada di waterpark ini memiliki kolam khusus anak-anak dan kolam khusus dewasa. Selain kolam renang, dalam satu kawasan terdapat sporthall yang bisa digunakan untuk latihan futsal. Tiket masuknya cukup murah, yaitu hanya Rp30 ribu hingga Rp40 ribu.

6. Mifan Waterpark Padang

Bagi Anda yang berada di Sumatera khususnya Padang Panjang, Anda bisa menyegarkan diri dari cuaca panas di Mifan Waterpark. Mifan yaitu dingkatan dari Minang Fantasi. Tiket masuknya hanya berkisar Rp40 ribu hingga Rp50 ribu.

Terdapat tujuh wahana air di dalam waterpark yang semuanya bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Khusus seluncuran raksasa, anak-anak dengan tinggi badan di bawah 100 meter tidak boleh mengikuti karena perosotannya yang curam.

Selain itu, dengan satu tiket Anda juga bisa mencoba wahana drypark yang ada di kawasan Mifan Waterpak seperti lapangan futsal, 4D cinema, kereta Mifan untuk membantu berkeliling waterpark. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.