5 Daya Tarik Utama Destinasi Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta

Oleh Gilar Ramdhani pada 25 Okt 2019, 16:54 WIB
Diperbarui 25 Okt 2019, 16:54 WIB
5 Daya Tarik Utama Destinasi Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta
Perbesar
Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta.

Liputan6.com, Jakarta Menikmati suasana pegunungan dan deretan hutan pinus yang menyejukkan di Provinsi Jawa Barat tidak terlalu sulit. Selain Lembang, Bandung, dan Bogor, Anda juga bisa menemukannya di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarepedes. Di sini terdapat destinasi wisata hutan pinus yang dikenal dengan nama Pasir Langlang Panyawangan.

Asal muasal nama Pasir Langlang Panyawangan berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari "Pasir" berarti bukit. Langlang merujuk dalam arti suasana pengembaraan dan "Panyawangan" yakni tempat menerawang atau memandang dari jauh. Ini sesuai sekali dengan keindahan alam yang dapat dipandang dari objek wisata alam Purwakarta ini.

Penasaran bisa melakukan hal apa saja di sini? Berikut 5 daya tarik Pasir Langlang Panyawangan yang bisa kamu nikmati.

1. Ketenangan hutan Pinus

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by MADE IN PURWAKARTA (@madeinpurwakarta) on

Tempat wisata alam Pasir Langlang Panyawangan yang memiliki luas lahan sekitar 43 hektar ini memiliki ciri khas tersendiri yang bisa membawa para pengunjung menikmati panorama alam yang eksotis dan pengalaman untuk beraktivitas di tengah-tengah hutan pinus. Deretan hutan pinus memberikan kesegaran dan kesejukan yang tidak bisa Anda temukan ketika berada di daerah perkotaan. Selain udara segar yang bisa Anda hirup, di sini juga bisa bebas mengambil foto dengan background hutan pinus, pepohonan hijau dan rimbunnya hutan.

2. Camping dan outbound

Di Pasir Langlang Panyawangan terdapat lokasi untuk camping nyaman dan menyenangkan. Tidak harus membawa perlengkapan camping dari rumah lho, Anda juga bisa menyewa ditempat yang disediakan mulai dari tenda, matras, sleeping bag, peralatan masak dan lain-lain. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, Anda cukup mengeluarkan uang Rp 5.000. Namun, bagi yang berniat berkemah dikenakan biaya Rp10.000.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ririn Marthianingsih (@ririnmarthia) on

Pengelola wisata juga menyediakan hammock dan Anda cukup mengeluarkan Rp15.000. Sementara untuk sewa perlengkap dan lain-lain, Anda bisa temukan tarifnya di pusat informasi Pasir Langlang Panyawasan. Fasilitas umum di Pasir Langlang Panyawangan juga lengkap, jadi Anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan akses air minum, mandi maupun makanan.

 

5 Daya Tarik Utama Destinasi Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta
Perbesar
Camping di Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta.

3. Trekking

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Agus Hermawan (@agushermawan137) on

Begitu luasanya area hutan pinus dan wisata Pasir Langlang Panyawangan membuat Anda dan komunitas maupun keluarga juga bisa melakukan trekking dan jelajah hutan. Jalan-jalan dan bersepeda menikmati suasana hutan pinus Panyawangan. Ingat jangan buang sampah sembarangan dan tetap jaga kelestarian hutan ya.

4. Hunting Foto

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nurul Tri Sundari (@nurultrisundari) on

Sebagai lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam, maka keberadaan pengunjung tidak lepas dari kegiatan berfoto dengan menggunakan latar belakang alam. Seperti areal perkebunan pinus, hingga perbukitan dan persawahan. Ada juga yang paling menarik yaitu berfoto menggunakan latar gunung Burangrang.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandi Pratama Photography (@sandipratama.id) on

Anda juga bisa hunting foto burung-burung yang hinggap di pohon pinus Panyawangan. Pokoknya, banyak juga spot-spot foto instagramable yang bisa kamu temukan seperti gubuk, saung, kursi dan rumah-rumahan dan masih banyak lagi. Jadi lokasi pre wedding juga menarik banget.

5. Kesegaran Air Terjun

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Cecep Hungkul (@cecep_hungkul) on

Itulah beberapa daya tarik Pasir Langlang Panyawangan yang wajib Anda cobain. Tempat ini cocok untuk semua umur, anak-anak, remaja, keluarga, hingga komunitas.

Untuk mencapai Pasir Langlang Panyawasan, Anda dapat memulai perjalanan dari Jalan Kapten Halim Purwakarta menuju arah Wanayasa. Perjalanan ditempuh melewati pasar setempat hingga sampai ke Gapura Desa Pusaka Mulya, Kiarapedes. Setelah itu tinggal jalan lurus dan temukan petunjuk jalan menuju Pasir Langlang Panyawangan Purwakarta. Anda juga bisa mengakses melalui Google Maps dengan kata kunci Pasir Langlang Panyawangan.

 

(*)