Sukses

Alasan Pentingnya Berlatih Zumba 1 Jam Penuh

Zumba awalnya hanya menggunakan musik latin sebagai pengiring, tetapi di Indonesia, musik dangdut pun bisa dimanfaatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Tapi kalau Anda ingin coba olahraga yang asyik, aktif tapi membantu menjaga kesehatan jantung dan membakar lemak dalam tubuh, zumba bisa menjadi jawabannya.

Nama Zumba diambil dari Bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang atau gerak cepat. Senam zumba ini terdiri dari gerakan aerobik yang diiringi musik.

Pada aslinya, musik Latin dengan irama yang cepat maupun pelan adalah ciri khas zumba. Tapi saat ini, musik pop atau musik tempo cepat lainnya sudah menjamur dan banyak digunakan instruktur senam zuma. Mereka membuat koreografi senam yang tak jauh berbeda dari aslinya.

"Bahkan di Indonesia tak sedikit yang menggunakan musik dangdut pop untuk menyesuaikan peserta senam zumba," kata Laila Achmad, instruktur senam zumba Jakarta kepada Liputan6.com saat sedang melakukan zumba di Sana Studio pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Ia telah mengikuti banyak kelas zumba, dan pastinya dengan musik dan koreografi yang berbeda-beda. Selama dua tahun menjadi instruktur zumba juga telah membuatnya mempelajari gerakan dari musik-musik pop hingga dangut.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Zumba

Ikut kelas zumba ini bisa membakar lemak dalam tubuh Anda. Selain itu, senam aerobik yang diiringi musik ini bisa menjaga kesehatan jantung. Walaupun senam zumba ini tidak pernah membuat pernyataan salah atau benar sebuah gerakan, tapi tetap harus sesuai aturan.

Menurut Laila, senam zumba yang baik adalah tidak berhenti bergerak selama satu jam penuh. Pembakaran kalori menjadi tidak efektif apabila berhenti bergerak saat kondisi tubuh sedang panas dan melanjutkan saat kondisi tubuh sudah dingin.

Untuk meminimalisir rasa lelah karena satu jam tidak berhenti, gunakan lagu dengan ritme naik turun. "Lagunya bisa diselingi dengan tempo yang cepat dan tempo lambat secara bergantian," kata Laila.

Tanpa sadar, aktivitas senam aerobik dengan iringan musik ini juga menjaga kesehatan seluruh tubuh. Laila mengaku, selama dua tahun menjadi instruktur senam zumba, dia tidak pernah jatuh sakit, termasuk terserang flu. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.