Sukses

Pilot Pesawat Tempur Cantik Dicopot dari Gelar Selir Raja Thailand

Gelar selir Raja Thailand disematkan kepada pilot pesawat tempur cantik itu kurang dari tiga bulan lalu. Apa penyebabnya?

 

Liputan6.com, Jakarta - Gelar selir Raja Thailand yang disematkan kepada Sineenat Wongvajirapakdi akhirnya dicopot pada Senin, 21 Oktober 2019. Mantan pilot pesawat tempur itu bahkan kehilangan pangkat dan segala gelar kehormatan yang diterimanya.

Pencopotan gelar tersebut hanya berselang kurang dari tiga bulan sejak diangkat menjadi Selir Raja Thailand pertama dalam kurun waktu seabad terakhir. Perempuan 34 tahun tersebut dianugerahi ghelar selir pada ulang tahun Sang Raja ke-67 pada 28 Juli 2019.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Selasa (22/10/2019, Raja Maha Vajiralongkorn menilai perempuan yang akrab disapa Koi tersebut menunjukkan ketidaksetiaan dan berambisi untuk menyaingi posisi Ratu Thailand. Maka itu, gelarnya sebagai Chao Khun Phra, sebutan untuk selir raja, dicopot. Ia juga kehilangan pangkat Mayor Jenderal yang disematkan saat itu.

Dalam pernyataan resmi yang dilansir Istana disebutkan, "tindakan Koi menunjukkan sikap tidak menghargai Raja dan tidak memahami tradisi kerajaan...dia bertindak hanya untuk menguntungkan dirinya sendiri."

Pihak Istana juga menyebut selir raja itu berusaha meningkatkan posisinya setara dengan Ratu Suthida. Perilaku itu, sambung Istana, menimbulkan perpecahan di antara kalangan istana dan kesalahpahaman di tengah masyarakat.

Publik Thailand hanya bisa menyimpan spekulasi untuk mereka sendiri. Hal itu lantaran hukum setempat melindungi Kerajaan Thailand dari serangan komentar publik atas kebijakan yang diambil Istana.

 

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyita Perhatian

Sineenat lulus dari Akademi Keperawatan Angkatan Darat Kerajaan Thailand pada usia 23 tahun. Perempuan kelahiran Nan, 26 Januari 1985 itu mencuri perhatian publik setelah Istana menerbitkan sejumlah fotonya, baik sedang sendiri, bersama teman-temannya, maupun berdampingan dengan Raja Thailand.

Dalam foto tersebut, Sineenat yang berambut pendek menunjukkan keahliannya mengongkang senjata, menerbangkan pesawat tempur, bahkan hingga terjun payung. Tak ketinggalan fotonya saat menerbangkan pesawat dengan mengenakan cropped top.

Ada pula sejumlah foto yang menampilkan Koi berdiri berdampingan dengan Raja Thailand sambil saling berpegangan tangan. Foto tersebut terbilang langka lantaran raja yang bergelar Rama X itu jarang menunjukkan keintiman bersama pasangan ke hadapan publik.

Koi juga dikenal sebagai pilot terlatih yang mengembangkan keterampilannya baik di dalam maupun di luar negeri. Ia juga masuk dalam unit pengawal raja dan mendapat pangkat mayor jenderal pada Mei 2019.

Selama upacara penobatan Raja Thailand pada Mei 2019, Sineenat terlihat dalam barisan pasukan militer yang mengaraak Raja dari Istana ke sejumlah kuil Buddha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.