Apakah Manfaat Retinol yang Banyak Dikandung dalam Produk Kecantikan?

Oleh Putu Elmira pada 27 Okt 2019, 07:03 WIB
Diperbarui 27 Okt 2019, 07:03 WIB
[Fimela] Skincare
Perbesar
Ilustrasi skincare | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta - Kendati penting, tak sedikit orang acuh dengan nama dan manfaat dari bahan-bahan dalam produk kecantikan. Seperti Retinol, bahan yang hampir terdapat di semua produk kecantikan.

Melansir dari Metro UK, Sabtu, 19 Oktober 2019, retinol adalah salah satu bahan yang sering jadi campuran dalam produk kecantikan. Dipercaya bahwa retinol adalah bahan paling efektif untuk melembutkan kulit.

Pada hakikatnya, retinol adalah molekul antipenuaan yang membantu melakukan regenerasi kulit dan mengurangi garis, keriput, serta bintik penuaan. Bahan satu ini merupakan turunan Vitamin A yang digunakan tubuh untuk pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen.

Pendiri klinik Seni di Harley Street dan Liverpool Street dr Sarah Shah menjelaskan, retinol berfungsi merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, sehingga dapat meningkatkan pergantian sel dan memperbaiki warna kulit tidak merata.

"Lapisan kulit mengandung sel yang menghasilkan kolagen, dan produksi ini mulai melambat pada usia 30 tahun. Setiap tahunnya, produksi kolagen bisa turun 1--2 persen. Nah, retinol bertindak langsung pada sel untuk membuat mereka tetap hidup dan bekerja dengan baik," jelas Sarah.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Penggunaan Retinol

Perawatan wajah
Perbesar
Ilustrasi skincare. (dok. unsplash.com/@curology)

Sarah mengungkapkan. retinol juga bisa memaksimalkan kulit wajah agar tidak berjerawat, hiperpigmentasi, tekstur kulit lembut, bebas dari noda, dan masalah kulit lain.

Tapi, untuk menjadikannya paparan di kulit secara rutin, Anda harus tahu aturan-aturan pemakaian agar hasilnya maksimal. Aturan pertama, retinol lebih baik digunakan pada malam hari setelah wajah dibersihkan. Ini karena turunan Vitamin A kehilangan efeknya di bawah sinar matahari.

Retinol membuat kulit jadi lebih sensitif dengan UVA dan UVB. Jadi, sel-selnya mudah terbakar. Untuk itu, pastikan menambahkan SPF jika Anda mengaplikasikan retinol sebagai perawatan rutin kulit.

"Anda boleh mulai menggunakannya pada pertengahan usia 20 tahun karena manfaat retinol bukan hanya antipenuaan saja, melainkan bisa memaksimalkan mengurangi jerawat, peradangan kulit, dan mengendalikan tingkat produksi minyak," kata Sarah.

Sebagai permulaan, gunakan dua kali sehari. Jangan panik, biasanya bagi pengguna baru, efek iritasi ringan, kulit kering, kemerahan, dan terasa terbakar biasanya wajar dialami. Untuk itu, saat memilih produk kecantikan, cari presentasi retinol yang sesuai dengan ukuran kulit Anda. Biasanya yang paling aman adalah ukuran 0.2 persen ke atas.

(Ossid Duha Jussas Salma)

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓