Sukses

Perempuan Bisa Jadi Pemimpin yang Berkualitas dan Profesional

Tak sekadar menjabat, banyak dari mereka yang terbuki bisa jadi pimpinan yang berkualitas dan professional,.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam posisi penting di berbagai perusahaan dan pemerintahan tak hanya didominasi kaum pria. Sekarang ini sudah banyak perempuan menjadi pimpinan atau memegang jabatan penting.

Tak sekadar menjabat, banyak dari mereka yang terbuki bisa jadi pimpinan yang berkualitas dan professional. Misalnya saja di bidang politik. Salah satnnya adalah Puan Maharani yang baru saja terpilih menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Lewat kepemimpinannya, DPR mencetak prestasi pertama dalam kinerjanya. Puan Maharani dan para pimpinan DPR telah merampungkan pembagian alat kelengkapan dewan (AKD) dalam waktu tiga pekan. Sementara DPR periode sebelumnya membutuhkan waktu sekitar enam bulan.

Wakil Ketua Umum Generasi Optimis (GO) Indonesia mengapresiasi Puan dan DPR yang dalam waktu singkat berhasil membentuk sebelas Komisi dan enam badan. Pimpinan komisi dan badan sendiri terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua. Sehingga terdapat 17 ketua komisi dan badan, serta 66 wakil ketua komisi dan badan.

"Kita patut bersyukur sudah terbentuk alat kelengkapan dewan melalui musyawarah mufakat. Ini awal yang baik bagi lembaga pimpinan Mbak Puan karena tidak sampai tiga minggu alat kelengkapan dewan sudah terbentuk," ucap Frans Meroga Panggabean di Senayan, Jakarta.

Frans yang juga Pakar Ekonomi Kerakyatan ini mengatakan hal tersebut adalah kemajuan signifikan dari periode sebelumnya, karena AKD baru terbentuk enam bulan setelah pelantikan.

Ia juga menyatakan kalau DPR periode kali ini luar biasa karena menunjukkan kinerja awal yang sangat baik dan diharapkan akan selalu konsisten sampai masa akhir periode 2024 nanti.

"Ini bukti analisa GO Indonesia tentang Mbak Puan terbukti. Beliau seorang yang kapabel dan profesional dan berhasil membawa perubahan yang positif terhadap lembaga legislatif kita. Kami berdoa dengan terbentuknya alat kelengkapan dewan ini, DPR bisa segera berkarya untuk melaksanakan aspirasi masyarakat dan kerja legislatif,"  ujar Frans yang juga dikenal sebagai praktisi koperasi milenial ini.

Sebagai informasi, hampir semua fraksi mendapatkan kursi ketua, kecuali PPP karena menyerahkannya kepada Demokrat. PDI Perjuangan mendapatkan kursi ketua paling banyak, yaitu tiga ketua komisi dan satu badan.

DPR bakal menggelar rapat paripurna pada 22 Oktober 2019 untuk menetapkan jumlah komisi, komposisi AKD dan penetapan jumlah pimpinan AKD. Termasuk nama pimpinan yang bakal mengisinya.

"DPR di bawah pimpinan Mbak Puan memberikan harapan baru bagi rakyat Indonesia. Lima tahun mendatang bangsa ini akan menjadi lebih baik kalau lembaga legislatif bekarya dengan semangat baru dan profesional." pungkas Frans Meroga Panggabean yang juga tim penulis "The Ma'ruf Amin Way" ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.