Termasuk 50 Roti Terenak di Dunia, Gambang Makin Dikenal Generasi Milenial

Oleh Henry Hens pada 18 Okt 2019, 16:01 WIB
Diperbarui 18 Okt 2019, 16:17 WIB
Roti Gambang

Liputan6.com, Jakarta - CNN baru saja melansir daftar 50 roti terenak dari seluruh dunia, rangka Hari Roti Sedunia yang jatuh setiap 16 Oktober, . Satu roti khas Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut adalah roti gambang.

Masuk kategori jadul, gambang menempati posisi 19 dalam daftar tersebut. Roti ini memang sudah lama ada di Indonesia. Dilansir dari laman Sari Husada dan Enjoy Jakarta (Dinas Pariwisata DKI Jakarta), roti gambang adalah makanan yang hampir punah.  Makanan ringan ini merupakan warisan dari zaman Belanda yang mempunyai cita rasa yang unik dan khas. 

Gambang sebenarnya sejenis dengan kue bolu, tapi bedanya roti gambang tidak menggunakan gula putih namun menggunakan gula merah atau gula aren sebagai pemanis makanannya.  Karena dulu sangat sulit mendapatkan gula putih.

Bahan lainnya terdiri dari tepung, margarin, telur, bubuk kayu manis, susu, serta bahan lainnya.  Makanan ini banyak dijual namun sejak banyak orang Betawi yang migrasi ke luar atau ke pinggiran kota Jakarta maka sudah jarang sekali kita temukan penjual makanan ini.

Namun masih ada beberapa penjual roti tradisional yang biasanya menggunakan gerobak sepeda yang masih menjual roti ini. Beberapa usaha kue rumahan juga masih membuat roti ini dengan beragam kreasi.

Dinamakan gambang karena bentuknya memang mirip dengan alat musik tradisional masyarakat Betawi yaitu gambang kromong. Gambang keromong adalah sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa. Seperti sukong, kongahyan dan tehyan.

Roti ini memiliki aroma yang khas kalau dibandingkan dengan roti lainnya. Jika roti biasa pada umumnya mengunakan bumbu spekoek/bumbu lapis legit maka roti gambang mengunakan bubuk kayu manis yang lebih simpel tapi aromanya sangat khas yang pastinya akan tercium oleh hidung kita.

2 of 3

Dijual di Jaringan Bioskop Terbesar

Keren, Gambang dari Betawi Masuk Daftar 50 Roti Terenak Dunia Versi CNN
Roti gambang dari Betawi kini masuk dalam kategori roti jadul yang jarang ditemui. (Liputan6.com/Ossid Duha Jussas Salma)

Dari segi tekstur, roti gambang cukup empuk namun tidak selembut roti biasa. Gambang juga tidak semanis roti biasa karena penggunaan gula aren dan warna kecoklatan dari warna alami gula merah. Ciri khas lainnya, selalu ada taburan wijen diatas roti gambang sebagai pemanis.

Roti gambang cocok disantap sebagai sarapan ataupun teman minum teh di sore hari. Disarankan, kalau ingin makan roti gambang maka kita tak perlu lagi menambahkan gula di dalam minuman kita.

Cara memakannya pun agak berbeda dengan roti kebanyakan yaitu sobek dahulu sedikit roti gambang lalu dicelupkan di kopi atau teh tanpa gula.

Meski disebut sudah langka, roti ini kemungkinan akan lebih dikenal generasi milenial karena bisa dijumpai di toko makanan di jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

Roti yang dikemas di dalam plastik ini ukurannya lebih kecil dan lebih lembut dari roti gambang pada umumnya, tapi rasanya sama enaknya dengan roti gambang tradisional.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓