Pertama Kali, Jakarta Sneaker Day Digelar Secara Online

Oleh Putu Elmira pada 17 Okt 2019, 14:01 WIB
Pertama Kali, Jakarta Sneaker Day Digelar Secara Online

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta sneakers di Tanah Air tampaknya kini bisa berburu sneakers asli dari berbagai merek dengan lebih mudah. Setelah sukses menggelar Jakarta Sneaker Day (JSD) secara offline dari 2017 hingga 2019, kali ini pihak penyelenggara mulai merambah dunia online.

Bekerja sama dengan salah satu e-commerce JD.ID, konsep penjualan yang biasanya dilakukan dalam kegiatan offline mulai dari bazar, giveaway, trading, perilisan eksklusif dan lelang dengan pertama kali akan dilakukan secara online mulai dari 21 Oktober hingga 3 November 2019.

Tujuannya adalah ingin menarik dan memudahkan para sneakerhead untuk mendapatkan sepatu kesayangannya dengan lebih mudah, dan terjamin keasliannya. Selain itu, JSD online ini juga menghadirkan berbagai promo dan diskon yang diberikan oleh pihak JD.ID serta bank yang bekerja sama.

"Melalui gerakan JSD Online ini, kami tidak hana sekadar berjualan sneakers. Namun, di sini kami memberikan juga edukasi kepada masyarakat mengenai sneakers culture di Indonesia yang terus berkembang. JSD online kali ini, kami tidak hanya menyediakan brand sneakers dari luar, namun ada beberapa sneakers brand lokal yang memiliki kualitas terbaik dan dapat bersaing dengan brand luar," tutur Mia Fawzia, Marketing Chief JD.ID

Event Director Jakarta Sneaker Day, Andrey Noelfry juga mengatakan mereka memilih JD.ID karena cocok dengan tagline yang diusung, yakni #DijaminOri. Menurutnya, hal ini penting mengingat citra JSD memang menghadirkan sepatu yang original dan berkualitas.

Antusiasme masyarakat yang penyuka sneakers sudah meningkat pesat. Buktinya, jumlah pengunjung pada JSD 2019 mencapai 21 ribu pengunjung dari 15 ribu di tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, harapannya para pecinta sneakers juga dapat semakin bertambah dengan adanya inovasi ini.

"Dengan kerja sama dengan JD.ID, kita bisa nationwide. Mau sepatu apa, kita rilis juga di sini, dan bisa dapetin dengan lebih mudah, modal handphone," tutur Andrey di Beer Hall, Jakarta Selatan, Rabu, 16 Oktober 2019.

Total terdapat kurang lebih 15 brand seperti Puma, Converse, Vans, League, Nike, dan lainnya yang akan dijual dalam JSD Online ini. Tak hanya menghadirkan toko dari brand resmi, JD.ID juga membuka kesempatan bagi para reseller untuk berjualan. Tapi, para reseller juga tetap dikurasi terlebih dahulu.

"Kebetulan kalau di JD.ID permainannya gini, kita gak ingin kalau misal untuk reseller itu ada banyak. Kenapa? Karena produk yang dijual kan basically mirip ya untuk setiap toko. Di sini kita cuma punya lima (reseller) untuk jaga mereka (dari persaingan harga)," kata Vanessa Audrey Natasha A, Campaign Manager JD.ID.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 
2 of 3

Hadirkan Promo dan Sepatu Eksklusif

Pertama Kali, Jakarta Sneaker Day Digelar Secara Online
Beberapa koleksi sepatu eksklusif yang dipamerkan dalam konferensi pers Jakarta Sneaker Day Online yang dilaksanakan di Beer Hall, Jakarta Selatan pada Rabu (16/10/2019). (dok. Liputan6.com/Novi Thedora)

Selain bekerja sama dengan bank untuk memberikan diskon saat pembayaran menggunakan kartu kredit, pihak JD.ID juga mengatakan akan memberikan kupon spesial untuk diskon sebesar 20 persen serta kupun gratis ongkos kirim. Hingga kini, mereka juga sedang mengusahakan agar para reseller dapat melakukan pengiriman di hari yang sama (same day delivery).

Hal menarik lainnya yang akan ditampilkan dalam penjualan ini adalah diluncurkannya berbagai koleksi ekslusif dan terbatas dari beberapa brand sneakers ternama. Beberapa di antaranya adalah Puma dan League.

Brand Puma akan menghadirkan sepatu kolaborasinya dengan kartun kenamaan Jepang, One Piece. Sepatu yang hadir dalam dua warna tersebut hanya akan dijual di JD.ID dalam sesi JSD Online ini. Dikabarkan juga, sepatu kolaborasi spesial ini hanya akan dijual sebanyak 20 pasang untuk masing-masing warna.

"Sebenarnya Puma sudah pernah kolaborasi dengan kartun juga, seperti Hello Kitty. Puma juga punya 'Puma Select', yaitu toko-toko berisi sepatu kolaborasi setiap tahun. Harganya nggak sampai Rp3 juta, mulai dari Rp2,1 juta sampai Rp2,4 juta," ujar Anindita Sosrodimulyo, Marketing Executive Puma Indonesia.

Tak hanya Puma, brand lokal League juga telah meluncurkan sepatu yang produksinya terbatas, yakni League Sadega. Sepatu ini merupakan kolaborasi dengan vokalis Pee Wee Gaskins, Dochi Sadega, dan hanya akan diproduksi sebanyak 400 pasang.

"Kita sadar punya target market yang baru, yang lebih muda. Jadi, kita gabung dengan JD.ID dan JSD, misi kita bisa terakomodir karena kita tahu track record JSD bagus," tukas Ginanjar Perdana, Head of Product Development League. (Novi Thedora)

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by