Tips Perawatan Wajah dan Menghilangkan Noda Hitam Bagi Pria

Oleh Henry Hens pada 17 Okt 2019, 00:02 WIB
Diperbarui 18 Okt 2019, 18:13 WIB
Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria (Pikselstok/Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan wajah tak hanya dilakukan wanita. Para pria juga harus melakukan perawatan wajah, setidaknya membersihkan wajah dari beragam polusi dan kotoran.

Di Indonesia yang beriklim tropis dengan suhu dan kelembapan tinggi, membuat kulit pria lebih mudah mengeluarkan minyak dan keringat. Belum lagi dampak sinar ultraviolet dari mereka yang banyak melakuan kegiatan di luar ruangan.

Lalu seperti apa para pria muda Indonesia merawat wajahnya agar tetap bersih, segar dan bebas dari noda hitam?  Menurut Dermatologis, dr. Nana Novia Jayadi, yang terpenting adalah kulit wajah harus selalu dijaga tetap bersih dan lembab. Para pria muda biasanya kurang menyukai perawatan kulit yang bertele-tele, maunya yang sederhana dan praktis.

Ia menyarankan, cucilah wajah dua kali sehari dengan sabun khusus untuk wajah pria. Alasannya, karena kulit wajah punya karakteristik yang berbeda dengan kulit tubuh.

Menurut dr. Nana dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, kulit wajah pria dan wanita berbeda karakteristiknya. Lalu ada perbedaan antara foam dan scrub supaya perawatan kulit tidak berlebihan.

Kalau foam bisa digunakan setiap hari, sementara scrub sebaiknya digunakan tiga kali dalam seminggu untuk kulit normal atau kombinasi dan 1 kali dalam seminggu untuk kulit sensitif. Tentang noda hitam, ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Jenis kulit manusia berbeda, jadi ada baiknya konsultasi dengan dermatologist terdekat untuk mendapatkan informasi perawatan wajah paling tepat bagi masing-masing orang untuk menghilangkan noda hitam.

Namun secara umum, kalau kebutuhan perawatan kulit wajah bukan karena asalan masalah kulit yang ekstrim, hanya untuk mencegah kerusakan sel-sel pigmen akibat sering terpapar sinar matahari, maka penggunaan vitamin C bisa menjadi pilihan. Itu karena vitamin C adalah zat anti oksidan yang teruji aman dan efektif untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 3

Peduli Perawatan Kulit Wajah

Bambang Pamungkas
Ikon sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas, menjadi pembicara untuk memotivasi pemain-pemain U-16 yang akan berkompetisi di Liga Nivea Men Topskor U-16. (Istimewa)

Salah satu produk yang dinilai cocok adalah Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Foam (Nivea Men Extra White) yang mengandung formula Active Vitamin C. formula Active Vitamin C merupakan kombinasi dari berbagai zat nutrient pencerah kulit, seperti whitinat/rucinol vitamin C, licorice, SPF30, vitamin E, vitamin B, ginseng, ginkgo biloba dan nutrient lainnya.

"Kami sangat memahami pria muda Indonesia. Untuk hasil terbaik agar wajah cerah dan bebas noda hitam, kami menyarankan agar melengkapi sabun pembersih wajah Nivea Men Extra White," terang Michael Suwito selaku Senior Brand Manager Nivea Men Face Care, Beiesdorf Indonesia.

"Dengan penggunaan Nivea Men Extra White Brightening Moisturizer SPF30 PA+++ untuk melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari serta menjaga kelembapan kulit wajah," sambungnya.

Nivea Men saat ini sedang mengadakan kampanye bertajuk #BerubahExtraCerah melalui berbagai kanal komunikasi. Kampanye tersebut mengajak pria muda Indonesia untuk lebih peduli dengan perawatan kulit wajah agar lebh percaya diri menjalankan aktivitas tanpa perlu khawatir dampak dari terik panas matahari.

Kampanye tersebut menjadi penting karena meliputi edukasi tentang pengetahuan zak aktif apa yang efektif untuk mencerahkan wajah.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓