Sesame Place, Taman Bermain Ramah Anak Autis di Amerika

Oleh Putu Elmira pada 17 Okt 2019, 06:03 WIB
Sesame Place, Taman Bermain Ramah Anak Pengidap Autisme di Amerika

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki anak yang mengidap autisme membuat para orangtua harus lebih memberikan perhatian khusus. Autisme dapat membuat anak lebih rentan melakukan sesuatu yang implusif, hiperaktif, dan lebih sulit berinteraksi sosial.

Hal ini harus diawasi, terlebih di tempat umum yang ramai orang. Selama ini, tak banyak tempat yang cukup ramah terhadap autisme. Tapi, di Amerika terdapat taman bermain yang ramah bagi anak pengidap autisme.

Sesame Place, sebuah taman bermain di Philadelphia yang terinspirasi dari serial Sesame Streets tak hanya menyediakan berbagai wahana, pertunjukkan dan atraksi air. Mereka juga menyiapkan tempat yang lebih aman dan nyaman bagi penderita autis. Bahkan, mereka sudah tersertifikasi sebagai pusat pelayanan austime dari International Board of Credentialing and Continuing Edycation Standards.

Melansir dari laman resminya, mereka menyediakan ruangan khusus yang lebih sunyi (quiet room) dan ruangan aman bagi anak autis yang kebanyakan mengalami masalah pada area sensorik (low-sensory area) yang dapat digunakan jika ingin beristirahat.

Quiet room terletak di dekat Sungai Big Bird's Rambling dan memiliki fasilitas seperti pengaturan cahaya lampu serta kursi yang nyaman. Pengunjung yang ingin menggunakan ruangan ini dapat menghubungi customer service untuk meminta kode yang digunakan sebagai akses masuk.

Mereka juga melatih 80 persen stafnya untuk mendapatkan pengetahuan dan cara penanganan anak berkebutuhan khusus tersebut. Pelatihannya berfokus pada pelatihan kemampuan motorik dan sensorik, bersosialisasi, komunikasi, lingkungan serta emosional.

Sadar bahwa setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, mereka juga menyediakan berbagai pelayanan agar dapat tetap nyaman. Para maskot tidak akan berinteraksi langsung seperti memeluk atau high five saat parade bila pengunjung duduk di area khusus yang telah disediakan. Seperti yang diketahui, kebanyakan anak dengan autisme tidak suka mendapatkan kontak fisik secara langsung.

Lalu, mereka juga menyediakan headphone peredam kebisingan yang dapat digunakan bagi tamu yang memiliki masalah sensitivitas pendengaran. Selain itu, mereka menyarankan pengunjung yang membawa anak berkebutuhan khusus untuk makan di restoran di luar jam makan biasanya agar tidak ramai. Tapi, bila tamu membutuhkan pelayanan khusus, dapat menghubungi pihak taman melalui surel terlebih dahulu.

"Ini sangat penting bagi kami agar semua pengunjung dapat meninggalkan taman dengan kenangan yang berkesan," ujar Cathy Valeriano, Ketua Sesame Park.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 of 2

Menghadirkan Maskot Pengidap Austime

Sesame Place, Taman Bermain Ramah Anak Pengidap Autisme di Amerika
Maskot Julia. (dok. Sesame Place/Novi Thedora)

Taman ini juga menghadirkan Julia, seorang maskot anak wanita berusia empat tahun yang mengidap austime. Karakter ini pada 2015 menjadi salah satu tokoh baru yang diperkenalkan dalam serial Sesame Streets.

Dalam serialnya, Julia digambarkan sebagai sosok anak perempuan dengan rambut oranye dan kerap melakukan sesuatu sesuai dengan caranya sendiri. Melihat tingkahnya, tokoh Elmo dan Abby memberikan pengertian kepada anak lainnya bahwa hal ini bukan berarti Julia tidak ingin berteman dengan mereka.

"Menghadirkan Julia di sini memberikan dampak yang besar untuk membantu anak-anak dan keluarga tentang penerimaan. Sosok Julia menyoroti bahwa anak autis tidak hanya dilihat dari perbedaannya dengan anak lain, tapi mereka memiliki sesuatu yang lebih spesial dan talenta unik sehingga membuat dunia menjadi tempat yang menarik," tulis pihak Sesame Place di laman resminya.

Maskot Julia ini dapat ditemui di berbagai tempat. Pada wahana 1-2-3 Smile with Me. Dia akan melayani pengunjung yang meminta untuk berfoto bersama. Pengunjung juga bisa mendatangi wahana Mr. Hooper's Emporium, Anda bisa mendengarkan Julia bercerita. Atraksi ini akan dilakukan setiap hari.

Sedangkan pada tanggal tertentu, Julia akan tampil dan membuat sebuah karya di penampilan Art Time with Julia dan Elmo. Bila ada yang tertarik, pengunjung harus memesan tiket terlebih dahulu. (Novi Thedora)

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by