Gampang Lapar Jadi Pertanda Tubuh Kurang Serat

Oleh Henry Hens pada 15 Okt 2019, 04:02 WIB
Diperbarui 15 Okt 2019, 04:16 WIB
Ilustrasi makanan sehat

Liputan6.com, Jakarta - Saat belum makan, kita tentu merasa lapar. Namun apa jadinya kalau kita sering merasa lapar dalam satu hari. Seringkali lapar dipicu oleh kekurangan energi.  Tapi itu tak menjadi satu-satunya alasan mengapa kita lapar.

Ada banyak alasan mengapa kita merasa lapar. Salah satunya karena makanan yang kita makan. Jika tidak makan makanan yang benar, meski kita sudah banyak makan, perut akan tetap lapar.

Mudah lapar menunjukkan bahwa kamu kurang makan serat. Jadi kalau Anda sering makan dalam porsi yang cukup banyak, namun beberapa jam kemudian sudah merasa lapar lagi, bisa jadi Anda tak banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memang banyak mengandung serat.

Dilansir dari Fimela, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa serat makanan memengaruhi respons pelepasan hormon yang mengatur nafsu makan dan produksi rantai asam lemak nabati dalam perut.

Ketika konsumsi serat cukup perut tak akan memberi respons lapar. tulah mengapa perut akan merasakan perbedaan ketika kita makan makanan tinggi serat seperti buah, sayur dan biji-bijian dibanding makan roti, mie, atau makanan olahan lainnya.

Jadi, kalau perut mudah lapar meski sudah banyak makan, bisa jadi Anda kurang makan serat.  (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by