Sukses

Anggrek Dendrobium Iriana Jokowi Sedang Mekar di Ruang Utama The Istana Singapura

Presiden Jokowi diperlihatkan anggrek dendrobium Iriana Jokowi oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Singapura. Jokowi disambut Perdana Menteri Lee Hsien Loong. Kepada Jokowi, Lee memamerkan anggrek Dendrobium Iriana Jokowi.

"Di Singapura kemarin, Perdana Menteri Lee Hsien Loong memamerkan kepada saya anggrek Dendrobium Iriana Jokowi yang tengah mekar di jambangan bunga di ruang utama The Istana," tulis Jokowi, Rabu, 9 Oktober 2019 dalam akun Instagram @jokowi.

"Nama anggrek hibrida ini memang diambil dari nama Ibu Negara," kata Jokowi.

Jokowi menceritakan, empat tahun lalu, dirinya dan Iriana mendapat kehormatan sebagai tamu di Singapore Botanic Gardens, Singapura. Oleh tuan rumah, nama Ibu Negara kemudian diabadikan untuk satu spesies anggrek yang baru disilangkan di kebun botani negeri itu.

"Nama anggrek silangan itu Dendrobium Iriana Jokowi," ungkap Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pegang Anggrek Dendrobium Iriana Jokowi

Dalam foto yang diunggah, Jokowi mengenakan jas kemeja putih dan dasi merah yang dibalut jas biru dan celana warna senada. Didampingi Perdana Menteri Lee Hsien Loong, tangan kanan Jokowi memegang anggrek yang dipamerkan oleh Lee.

Bunga Anggrek Iriana Jokowi merupakan perpaduan antara Dendrobium Christabella dan Dendrobium Haldis Morterud. Anggrek ini merupakan bunga Dendrobium hibrida yang kuat dan bebas.

Dendrobium Iriana Jokowi juga berbentuk tegak mekar semi-melengkung dengan ukuran 5,6 cm. Saat mekar, bunga dendrobium Iriana Jokowi pada bagian pinggirnya berwarna kemerahan ungu muda dan berwarna ungu gelap di bagian tengahnya. Sementara kelopak bunganya berwarna putih dan cahaya kuning kecokelatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.