Sukses

Menghasilkan Tepung Terigu Berkualitas Terbaik dengan Roller Mill

Pabrik terpung terigu Bungasari mengadopsi sistem pengolahan gandum yang canggih dan telah beroperasi di Cilegon sejak 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Bahan utama yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue dan roti adalah tepung terigu. Selain itu, tepung terigu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mi, menjadi bahan pengental sup, menjadi perekat makanan, serta campuran dalam membuat bakso.

Bisa dibilang, tepung terigu memiliki kegunaan yang sangat banyak, khususnya dalam menjadi salah satu bahan dapur. Salah satu perusahaan yang memproduksi terigu di Indonesia adalah PT Bungasari Flour Mills Indonesia.

Mereka baru saja menggelar acara peresmian produksi pertama pabrik tahap kedua di Cilegon, Banten pada 9 Oktober 2019. Pabrik tepung terigu di atas lahan seluas 11 hektare ini mempunyai fasilitas paling modern di Indonesia. Pabrik ini mengadopsi sistem pengolahan gandum yang canggih dan telah beroperasi di Cilegon sejak Agustus 2014.

"Sejak kali pertama didirikan pada 2012, komitmen kami tetap konsisten, satu di antaranya adalah terus mengembangkan kapasitas pabrik dalam rangka memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Kini, pabrik tahap pertama telah mencapai utilisasinya yang maksimal," ucap Presiden Director PT Bungasari Flour Mills Indonesia Budianto Wijaya, di Cilegon, Banten.

Menurut Budianto, dengan diresmikannya pabrik yang dibangun dengan biaya 43 juta dolar AS ini, Bungasari menggenapkan janjinya dengan mewujudkan visi untuk menjadi produsen terigu terkemuka di Indonesia.

Sebuah tonggak bersejarah bagi Bungasari dalam perjalanannya, dengan keberhasilan menyelesaikan pembangunan pabrik Cilegon tahap kedua pasca-pelaksanaan ground breaking tahap kedua ini pada Juli 2018.

"Dengan pengembangan ini, kami meningkatkan kapasitas produksi dari sebelumnya 1500 metrik ton (MT) per hari menjadi 2000 MT per hari, dan akan menjadi 3000 MT per hari saat semuanya rampung," ungkapnya.

"Kapasitas tepung terigu per tahun kini menjadi sekitar 500.000 MT per tahun dan kapasitas gandum menjadi 660.000 MT per tahun," lanjutnya.  Pengembangan pabrik juga mencakup peningkatan kapasitas penyimpanan gandum. 

Sebelumnya, pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Krakatau tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan gandum sebesar 79.000 MT, yang kemudian ditingkatkan menjadi 140.000 MT. 

"Kami jadi bisa melakukan pembelian gandum yang kompetitif serta lebih fleksibel, serta mampu menyimpan lebih banyak jenis gandum, supaya bisa berproduksi dengan lebih efisien," tutur pria yang pada tahun ini mendapat kepercayaan penuh untuk menjabat presiden direktur perusahaan terigu ini.

Bungasari juga menambahkan proses pengolahan gandum dengan instalasi Roller Mill model teranyar. Mesin yang digunakan memakai konsep desain terbaru dengan tingkat akurasi tinggi, sehingga menghasilkan tepung terigu berkualitas terbaik. Bukan itu saja, Roller Mill juga dilengkapi dengan proses pembersihan dan sanitasi yang sangat mudah.

"Kami juga mengaplikasikan Box Plan Sifter terbaru yang menggunakan lapisan teflon presisi tinggi dan berkualitas. Produk yang dihasilkan Bungasari jadi lebih higienis dan rendah kontaminasi, untuk memenuhi meningkatnya standar keamanan pangan yang tinggi di masa mendatang," jelas Budianto.

Lokasi pabrik juga termasuk strategis, yaitu di antara dua koridor kawasan utama Indonesia, tentunya sangat menunjang pendistribusian berbagai produk yang diproduksi Bungasari. Aplikasi Direct Loading System digunakan untuk mempercepat pengiriman, menekan kontaminasi serangga saat transfer produk, serta meningkatkan efisiensi sumber daya.

Pada kesempatan yang sama, Bungasari juga memperkenalkan rangkaian produk premix terbarunya, yaitu Golden Eagle Donut Mix, Golden Eagle Multi Grain, Hana Chiffon, Hana Sponge Cake, dan HanaSwiss Roll Cake.

Dengan lima produk baru ini, Bungasari memperluas ragam produknya di pasar Tanah Air, tidak hanya tepung terigu tetapi premix untuk olahan industri makanan, food service, dan bakery.

"Dengan masuk ke pasar produk premix, Bungasari semakin memperkuat jangkauan dan penetrasi pasar di segmen bakery dan industri makanan, dengan ragam produk berkualitas yang dapat dinikmati oleh para pelanggan," ucap Jon Quek selaku Commercial Director PT Bungasari Flour Mills Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini