Sukses

Mencicipi Gurita Panggang Bumbu Korea yang Bikin Perut Senang

Harga gurita panggang lumayan mahal sebagai jajanan, tapi porsinya cukup mengenyangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring populernya budaya Korea, sejumlah kuliner asal Negeri Ginseng ikut naik daun. Salah satunya gurita panggang. Makanan berbahan seafood biasanya didapat di tengah-tengah acara festival atau pameran, termasuk saat gelaran IDEAFest 2019 pada Minggu, 6 Oktober 2019 lalu.

Adalah Roku Grilled yang menghadirkan jajanan tersebut.  Walaupun harganya relatif mahal, yakni Rp40 ribu per porsi, pengunjung rela antre panjang demi memuaskan rasa penasaran.

Baca Juga

Penyajiannya relatif simpel. Gurita yang sudah direbus berkali-kali dipanggang langsung di hadapan pengunjung. Waktu pemanggangan lumayang lama, menghabiskan waktu hingga 15 menit.

Setelah dibakar, gurita langsung dilumuri saus sesuai pilihan pembeli, seperti saus Korea, saus barbekyu pedas, cheesy mayo, dan spicy mayo. Gurita kemudian siap disantap setelah sekitar setengah jam menunggu. Anda bisa meminta gurita dipotong-potong bila tak ingin belepotan memakannya.

Dengan pemanggangan yang tepat, rasa kenyal dan gurih gurita begitu terasa. Meski menggunakan campuran bubuk cabai, makanan itu tidak terlalu pedas ketika dimakan. Walaupun sebutannya adalah jajanan, seporsi gurita itu cukup membuat perut saya kenyang.

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rupa-Rupa Jajanan Korea

Selain gurita panggang yang menarik perhatian, ada pula dua jajanan Korea lain yang banyak diminati. Pertama adalah Tteokbokki. Siapa yang kini tak mengenalnya? Jajanan khas Korea yang terkenal dengan rasa pedasnya itu seringkali ada di sejumlah serial drama Korea.

Kenyal Tteok terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat panjang kemudian direbus. Disajikan dalam mangkuk plastik dan disiram bumbu Gochujang, bumbu kental pedas manis, lalu ditambah taburan bubuk cabai yang membuat sensasi bumbunya semakin pedas. Harga per mangkuknya hanya Rp25 ribu.

Kemudian ada Kimbap, jajanan yang bentuknya mirip sushi Jepang tetapi ukurannya lebih besar. Kimbap adalah makanan dengan nasi yang digulung bersama irisan wortel, bayam dan irisan telur goreng dan dibungkus dengan rumput laut kering.

Saat itu, kimbap disajikan di atas piring plastik dengan taburan wijen di atasnya. Kimbab gulung berukuran panjang 15 cm dijual dengan harga Rp20 ribu. (Ossid Duha Jussas Salma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.