Di Balik Deskripsi Menu Kafe di Jakarta yang Viral

Oleh Asnida Riani pada 08 Okt 2019, 02:01 WIB
Kuliner Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Melawan arus mainstream deskripsi produk, sebuah kafe di bilangan Jakarta Pusat, Asobi Cafe, jadi buah bibir warganet. Bagaimana tidak, petunjuk tentang menu yang bisa dipesan lewat aplikasi pemesanan makanan secara online itu terbilang nyeleneh.

Mulai dari 'Ribet masaknya, beli yang katsu saja', 'Rich Brian saja belum pernah makan di sini, luar biasa', sampai 'Beli kek. Jauh banget scroll sampai ke bawah mentok', semua ditulis sebagai deskripsi menu.

Belum lagi menu tambahan seperti sosis, telur, bakso sapi, dan nugget, yang masing-masing disebut terbuat dari sosis, telur, bakso sapi, dan nugget. Pemilik Asobi Cafe, Julius Setiadi, memastikan bahwa bukan tanpa sengaja melakukan hal tersebut.

Tapi, ia menegaskan, deskripsi kocak nan tidak nyambung itu bukan sengaja dibuat sebagai strategi pemasaran kafe yang baru buka sejak Februari 2019 tersebut.

"Karena suka lucu-lucuan saja. Jadi, nulis itu juga lucu-lucuan saja. Benar-benar cuma kepikiran, "Oh nulis begini kayanya lucu, ketik ah," gitu saja," katanya lewat pesan pada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Kendati bisa dikatakan unik, tapi akun pemesanan makanan online milik salah satu kafe yang sajikan menu ala Jepang ini sempat kena suspend. "Sekarang sudah diaktifkan kembali. Tapi, deskripsinya harus normal-normal saja," tutur Julius.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 of 3

Jadi Ramai

Kuliner Jakarta
Asobi Cafe, Jakarta Pusat. (dok. Instagram @asobi.cafe/https://www.instagram.com/p/Bvn8TiRArAH/)

Nuansa santai yang diusung selaras dengan nama kafe, Asobi, yang berdasarkan penjelasan Julius berasal dari Bahasa Jepang berarti bermain. Pasal, niat awalnya, Julius bersama beberapa teman ingin membuat boardgame cafe,

"Tapi, setelah diskusi panjang, ternyata modal untuk bikin boardgame cafe itu terlalu besar, Harga boardgame mahal-mahal. Jadilah banting setir untuk jadi kafe ala Jepang saja yang jual makanan-makanan Jepang sama Indomie," paparnya.

Semua menu di Asobi dibanderol di bawah Rp40 ribu. Menu mi instan bukan versi jumbo saja harganya kurang dari Rp10 ribu. Beberapa menu di antaranya omelette curry rice, chicken teriyaki curry rice, indomie single rebus, dan nasi goreng spesial.

Setelah viral, Julius mengatakan bahwa Asobi jadi makin ramai. Peningkatannya bahkan sampai 200--300 persen. "Tapi, jadi kerja terus deh nggak ada nganggurnya," candanya.

 

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓