Sukses

4 Bahan Alami Pembasmi Bau Kaki Tak Sedap

Bau kaki yang menyengat bisa menganggu orang lain dan menurunkan kepercayaan diri. Tapi, tenang saja karena hal itu bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda adalah orang yang kerap menggunakan sepatu tertutup dalam waktu yang lama, hal ini bisa menyebabkan timbulnya bau kaki. Keringat yang tertahan dan bakteri atau jamur yang tumbuh menjadi salah satu penyebabnya

Jika Anda tidak perlu melepas sepatu di tempat umum, mungkin hal ini bukan jadi masalah besar. Tapi, bau kaki bisa mempermalukan diri Anda saat Anda harus beraktivitas di tempat umum dan membuka sepatu. 

Bau kaki bisa terjadi pada siapa saja, tapi ibu hamil, remaja, orang tua, orang yang memiliki diabetes, bahkan orang yang sedang stress akan lebih rentan terkena bau kaki ini. Penyebabnya bisa macam-macam, seperti tidak menjaga higenitas sepatu dan kaos kaki atau mungkin kebersihan kaki itu sendiri.

Cara sederhana untuk menghilangkan bau kaki adalah dengan mencucinya dengan benar. Tidak hanya sekadar membasuhnya dengan air, tapi juga digosokkan dengan sabun antibakteri. Lalu, keringkan dengan menyeluruh dan perhatikan bagian sela-sela jari.

Tapi, bagi Anda yang ingin menghilangkan bau kaki untuk jangka panjang, Anda bisa mencoba melakukan empat tips menggunakan bahan alami, dilansir dari Huffpost, 5 Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Cuka

Selain dapat digunakan sebagai pemberi rasa asam pada makanan, cuka bisa digunakan untuk membasmi bau kaki juga. Asam yang ada pada cuka berfungsi untuk membunuh dan mengurangi jumlah bakteri yang ada di kaki, sehingga berpengaruh juga pada bau kaki.

Rendam kaki pada larutan cuka yang sudah dicampur dengan air. Perbandingannya adalah jumlah cuka setengahnya dari jumlah air yang digunakan untuk merendamkan kaki. Lakukan tips ini setiap hari selama 15 menit.

2. Garam

Garam adalah salah satu bumbu yang wajib ada di setiap dapur. Diketahui, garam dapat menyerap kadar air, sehingga garam juga bisa mengurangi kadar kelembapan pada kaki. Fungsi lainnya, bakteri juga bisa berkurang.

Anda bisa merendam kaki Anda dengan larutan garam ini setiap hari selama 10–15 menit. Gunakan setengah gelas garam yang dicampurkan dengan 4 gelas air.

3. Teh

Teh dikenal memiliki aroma yang harum. Aroma harumnya ini ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai minuman, tapi sebagai pembasmi bau kaki pula. Selain mudah didapat, keampuhan teh juga telah diakui oleh Dr. Mark. A. Kosinski, DPM, FIDSA, profesor dari New York College. Dia mengatakan “teh adalah salah satu bahan alami di rumah yang paling efektif”. 

Disarankan untuk menyeduh empat sampai lima kantong teh dengan kurang lebih satu liter air. Tunggu hingga dingin, kemudian rendamkan kaki Anda selama 20 menit. Lakukan langkah ini setiap hari.

4. Baking Soda

Baking soda yang selama ini diketahui adalah pengembang kue, bisa digunakan juga untuk membasmi kuman kaki. Baking soda bisa menyerap kelembapan pada kaki sehingga mengurangi penyebab bau menyengat tersebut. Selain baking soda, Anda juga bisa menggantinya dengan tepung jagung. Fungsi keduanya sama.

Sama seperti bahan lainnya, larutkan baking soda ke dalam baskom berisi air. Kemudian, rendam kaki selama 15 menit. (Novi Thedora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.