Sukses

Mengenal San Marino, Negara Terkecil Kelima Dunia Tuan Rumah 2 Lomba Balap Bergengsi

Banyak hal unik dan menarik seputar San Marino, salah satu negara terkecil Eropa dan dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Indonesia termasuk salah satu negara terbesar atau terluas di dunia, San Marino adalah negara terkecil di dunia. Membentang seluas 61 kilometer persegi, San Marino disebut sebagai salah satu negara terkecil kelima di dunia dan ketiga di Eropa setelah Vatikan dan Monako.

Meski termasuk negara terkecil, reputasi San Marino justru sudah lama mendunia  Misalnya saja sebagai tempat penyelenggara lomba balap motor paling bergengsi yaitu MotoGp dan lomba balap mobil paling bergengsi Formula 1 (F1).

Para wisatawan banyak yang datang untuk menonton langsung MotoGP maupun F1. Tapi, bukan hanya itu yang menjadi daya pikat negeri mungil tersebut.

Dilansir dari Britannica, Lonely Planet dan beberapa sumber lainnya, keindahan alam San Marino sepertinya menjadi daya tarik tersendiri mereka yang datang.

Menyisir pandangan dari puncak tertingginya, kita bisa menyaksikan lanskap kota yang menakjubkan. Negara berpopulasi sekitar 35 ribu jiwa ini tercatat dikunjungi 60 ribu wisatawan dari berbagai penjuru dunia setiap tahunnya.

Etnis yang tinggal di negara tersebut biasanya disebut dengan etnis Sammarinese. Mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Italia.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh San Marino adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer. Namun, kepala negaranya adalah dua orang Wali Kapten (Captain Regent) yang dipilih oleh Dewan Parlemen untuk masa jabatan enam bulan.

Sejak disahkan sebagai negara pada 1600-an, siapa sangka San Marino ternyata merupakan negara yang pertama kali membuka layanan pos di dunia.

Mereka membuka layanan pos untuk penduduknya pada 1607 dan kemudian mengeluarkan prangko sejak 1877. Tak sedikit kolektor prangko yang mencari perangko khas San Marino yang sudh berusia ratusan tahun.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Negara di dalam Negara

Meski termasuk negara terkecil, San Marino tercatat memiliki lebih dari 100 patung unik . Salah satunya adalah patung Lady of Liberty yang terletak di depan balai kota.

Patung yang berdiri di salah satu sudut kota tersebut mengenakan mahkota dengan tiga menara Mount Titano. Beragam patung tersebut menjadi ciri khas San Marino dan kerap dijadikan spot foto oleh para wisatawan.

Secara geografis, San Marino adalah negara terkurung daratan yang keseluruhan wilayahnya dikelilingi oleh satu negara yaitu negara Italia. Karena itu San Marino sering disebut sebagai negara di dalam negara.

Berada di daerah pegunungan, San Marino memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Jika hari cerah, dari atas San Marino Anda bisa melihat jalanan yang menuju ke Kroasia.

Lalu dari puncak tertinggi yaitu Mount Titano, Anda dapat melihat tiga menara, yaitu Guaita, Cesta, dan Montale yang menyajikan pemandangan kota yang indah.

Keunikan lainnya, meski berstastus negara, San Marino tidak memiliki bandara sendiri. Mereka hanya mempunyai landasan helikopter atau helipad di Borgo Maggiore.

Kalau ingin naik pesawat terbang, mereka harus terbang melalui Bandara Internasional Federico Fellini yang berada di Kota Rimini, Italia.

Meski tidak memiliki bandara, hal itu tidak mengurangi minat wisatawan dari berbagai negara untuk berkunjung. Bahkan banyak yang menjadikan San Marino sebagai tujuan wisata karena termasuk tempat paling tenang dan damai di dunia. Anda berminat berwisata ke San Marino?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.