Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Jatuh Bangun Oscar Lawalata Kumpulkan Ratusan Kain Nusantara

Top 3 Berita Hari Ini tentang Oscar Lawalata kumpulkan kain Nusantara, pemuda 24 tahun nikahi perempuan 81 tahun dan risiko mengonsumsi gluten

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang kiprah Oscar Lawalata mengumpulkan kain Nusantara. Oscar sudah 20 tahun berkarya dengan ragam kain tradisional Indonesia. Selama dua dekade, koleksi kain, mulai dari batik, lurik, sampai tenun, Oscar sudah mencapai ratusan lembar.

Semua itu dimulai saat mengikuti ajang ASEAN Young Designer Contest (1999) di Singapura. Ingin merepresentasikan budaya Indonesia di kancah mancanegara, kala itu Oscar memboyong rancangan baju bodo asal Sulawesi Selatan yang membuatnya meraih juara dua.

Dari situ, Oscar mengaku ketagihan belajar tentang ragam kain Nusantara. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang pemuda 24 tahun yang menikah dengan perempuan berusia 81 tahun.

Pria asal Ukraina, Alexander Kondratyuk, menerima surat wajib militer. Semua pria Ukraina berbadan sehat dan berusia antara 18-26 tahun diwajibkan menjalani dinas militer, dengan satu pengecualian.

Pengecualian itu adalah bertanggung jawab untuk menjaga istri yang cacat, maka ia akan dibebaskan dari dinas militer. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah seputar risiko mengonsumsi gluten terlalu banyak.

Sebuah studi yang di publikasikan dalam jurnal JAMA menyimpulkan bahwa terlalu banyak gluten yang dimakan selama lima tahun berturut-turut dapat menyebabkan anak terkena penyakit celiac. Penyakit itu termasuk kategori penyakit autoimun yang membuat saluran pencernaan rusak dan luka pada usus.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Jadi, mari kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Jatuh Bangun Oscar Lawalata Kumpulkan Ratusan Kain Nusantara

Dua puluh tahun sudah desainer Oscar Lawalata jatuh hati dan berkarya dengan ragam kain tradisional Indonesia. Selama dua dekade, koleksi kain, mulai dari batik, lurik, sampai tenun, Oscar sudah mencapai ratusan lembar.

"Dulu, desainku lebih mengarah pada busana modern. Tapi, semua berubah saat aku ikut ASEAN Young Designer Contest (1999) di Singapura," Oscar bercerita di bilangan Jakarta Pusat, Jumat, 27 September 2019.

Selanjutnya…

Enggan Wajib Militer, Pemuda 24 Tahun Menikahi Perempuan Berusia 81 Tahun

Seorang pria tampan Ukraina berhasil menghindari wajib militer dengan menikahi perempuan berusia 81 tahun lebih tua darinya. Meski kritik meluas di dunia maya, tapi pria itu memiliki sandaran hukum.

Diwartakan Oddity Central, Selasa, 1 Oktober 2019, pada akhir 2017, Alexander Kondratyuk, seorang pemuda dari kota Vinnitsa di Ukraina, menerima surat wajib militer. Untuk itu, ia harus lapor ke komisariat militer terdekat untuk mendaftar di dinas militer selama satu tahun.

Selanjutnya…

Risiko Mengonsumsi Gluten Terlalu Banyak

Ini adalah kabar buruk bagi Anda yang suka makanan seperti roti, pasta, atau makanan berbahan gandum lainnya. Studi menemukan bahwa terlalu banyak makan makanan berbahan gluten dapat memicu penyakit celiac.

Dilansir dari laman CNN, Jumat, 27 September 2019, sebuah studi yang di publikasikan dalam jurnal JAMA menyimpulkan bahwa terlalu banyak gluten yang dimakan selama lima tahun berturut-turut dapat menyebabkan anak terkena penyakit celiac. Penyakit itu termasuk kategori penyakit autoimun yang membuat saluran pencernaan rusak dan luka pada usus.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.