Sukses

Penampilan Jokowi dan Iriana pada Peringatan Hari Batik Nasional 2019

Jokowi menghadiri acara peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Istana Mangkunegaran.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ikut merayakannya. Batik memang menjadi salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan. Hal ini ditetapkan langsung oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009.

Peringatan Hari Batik Nasional ini tentu saja mencuri perhatian publik. Di media sosial seperti Twitter, 'Selamat Hari Batik Nasional' memuncaki trending topic terpopuler.

Tahun ini, puncak peringatan Hari Batik Nasional digelar di Istana Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng). Jokowi menghadiri acara tersebut bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla.

Acara digelar oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) ini mengangkat tema “Membatik untuk Negeri”. Jokowi pun mengunggah sejumlah foto di acara tersebut di akun Instagramnya, Rabu (2/10/2019).

"Ini tahun ke-10 kita memperingati Hari Batik Nasional, yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, bertepatan dengan diakuinya batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia oleh UNESCO. Sudahkah Anda mengenakan batik hari ini?" tulis Jokowi dalam unggahannya tersebut. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batik Pamiluto

Pria asal Solo ini terlihat mengenakan kemeja batik sogan lengan panjang bermotif tambal pamiluto.Motif tersebut dipercaya sebagai kain batik pemikat. Sedangkan, Iriana memakai kebaya merah dan kain batik berwana cokelat muda untuk bawahan.

Peringatan Hari Batik Nasional kali ini melibatkan ratusan pembatik tradisional Indonesia. Iriana juga terlihat ikut membatik dengan menggunakan cap. Acara tersebut juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dalam puncak peringatan Hari Batik Nasional itu, Jokowi juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah mengembangkan batik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.