Cara Praktis Mendapatkan Pulsa Darurat

Oleh Liputan6.com pada 01 Okt 2019, 22:14 WIB
Diperbarui 01 Okt 2019, 22:14 WIB
ponsel
Perbesar
ilustrasi perempuan main handphone/Photo by picjumbo.com from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi membuat apa yang sebelumnya tidak mungkin terjadi bisa terwujud. Di era yang semakin modern ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui smartphone atau ponsel karena telah tersedia versi online-nya.

Contohnya, untuk berkomunikasi, berbelanja, serta memesan transportasi. Selagi masih memiliki paket data dan jaringannya stabil, kegiatan tersebut tentu bisa dilakukan tanpa hambatan. Namun, meski banyak hal bisa dilakukan secara online, bukan berarti pulsa reguler sudah tidak lagi diperlukan.

Alasannya, terkadang seseorang bisa kehabisan paket data internet, dan pada saat tersebut ada hal yang harus segera dilakukan karena sifatnya yang urgent. Walaupun sudah terbiasa beli pulsa online sekalipun, ada juga kemungkinan bahwa seseorang tidak menyadari bahwa pulsanya sudah habis.

Menyadari bahwa kehabisan pulsa bisa dialami oleh siapa saja, dimana saja, dan juga kapan saja, kini hampir semua provider seluler telah menyediakan fitur pulsa darurat yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

Cara untuk mengaktifkan layanan tersebut juga sangat mudah karena bisa dilakukan melalui SMS atau kode dial saja. Sebagai upaya preventif jika momen kehabisan pulsa menimpa Anda di saat-saat penting, simak cara mendapatkan pulsa darurat pada beberapa provider seluler berikut ini.

Telkomsel

Program pulsa darurat yang disediakan oleh Telkomsel bisa dimanfaatkan oleh pengguna simPATI, Loop, dan juga kartu AS dengan status prabayar. Permohonan pulsa darurat melalui kode dial untuk pengguna provider tersebut bisa dilakukan dengan melakukan panggilan ke *500*5#.

Berikutnya, beberapa penawaran paket pulsa darurat akan muncul di layar, dan pilih sesuai yang dibutuhkan. Untuk menyetujuinya, pilih opsi “1”, dan tunggu pemberitahuan pengaktifannya.

Pihak Telkomsel umumnya juga memberikan penawaran pulsa darurat melalui SMS, khususnya jika penggunanya terdeteksi gagal dalam melakukan panggilan atau pengiriman pesan singkat. Ketika berencana mengambil tawaran pulsa darurat, balas “YES” pada SMS tawaran tersebut, dan pulsa darurat pun akan segera diaktifkan.

AXIS dan XL

Teruntuk pengguna AXIS dan XL, layanan pulsa darurat bisa dimanfaatkan dengan mudah melalui kode dial dan SMS. Ketika memilih kode dial, langkahnya pun sangat mudah, yaitu dengan mengetikkan *911# untuk AXIS dan *123*9110# untuk XL di papan panggilan, lalu tekan OK/YES/Call.

Setelah itu, pop up berisi menu akan muncul di layar, lalu ikuti instruksinya. Selain melalui kode dial, layanan pulsa darurat juga bisa digunakan dengan mengirim pesan singkat. Caranya, ketik “ISTIMEWA” atau “DARURAT” dan kirimkan ke 911.

Namun, untuk menggunakan layanan pulsa darurat melalui SMS, pengguna operator tersebut harus memiliki sisa pulsa setidaknya 1000 rupiah. Jadi, jika benar-benar kehabisan pulsa, pengajuan dengan metode kode dial merupakan opsi yang terbaik.

Perlu diketahui, nominal pulsa yang ‘dipinjamkan’ telah ditentukan oleh pihak provider, sehingga pengguna tidak bisa menentukan sendiri nominal pulsa yang dibutuhkan. Selain itu, karena pihak provider juga menilai profil dan riwayat pengguna, maka ada kemungkinan pengajuan pulsa darurat tidak mendapatkan persetujuan.

Smartfren

Bagi pengguna setia Smartfren, terdapat layanan pulsa dan data darurat yang bisa digunakan dengan cara mengirimkan SMS ke 505, dengan mengetikkan “PULSA” atau “DATA” pada pesan singkat tersebut.

Setelah terkirim, berikutnya pihak Smartfren akan mengirimkan pesan mengenai besaran pulsa atau data yang akan diberikan beserta nominal yang wajib dibayarkan nantinya. Jika setuju, balas dengan “Y”, dan berikutnya pengguna akan mendapatkan notifikasi mengenai aktivasi layanan tersebut.

Namun, sama seperti program pulsa darurat pada  AXIS dan juga XL, nominal pulsa yang bisa didapatkan dari layanan tersebut ditentukan oleh pihak provider, dengan mempertimbangkan profil dan juga riwayat penggunanya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

[Bintang] Ilustrasi Memegang Ponsel
Perbesar
Editor Says: Sulitnya Lepas dari Ponsel (via weareratio)

Indosat

Pulsa SOS merupakan layanan yang diperuntukkan pengguna kartu prabayar Indosat jika mereka tengah membutuhkan pulsa, terutama di saat darurat. Untuk mengaktifkan layanan tersebut dengan kode dial, cukup lakukan panggilan ke *505# dan ikuti prosedur yang tertera di layar.

Selain melalui kode dial, pihak provider terkadang juga menawarkan layanan Pulsa SOS melalui pesan singkat. Jika bermaksud untuk menerima tawarannya, langkahnya yaitu hanya dengan membalas “YA” pada pesan tersebut.

Baiknya, Indosat memberikan sejumlah pilihan nominal pulsa yang bisa ‘dipinjam’, dengan range antara 1000 hingga 20.000, dan dengan masa berlaku mulai dari 2 hingga 15 hari.

Tri

Jika Indosat punya Pulsa SOS, maka Tri punya BOS Tri untuk memfasilitasi pengguna kartu prabayarnya dengan fitur pulsa cadangan. Kode dial yang diakses untuk mendapatkan pulsa darurat bagi pengguna Tri yakni *805#.

Setelah mengakses nomor tersebut, layar ponsel akan menampilkan pilihan nominal pulsa darurat. Adapun pilihan yang disediakan BOS Tri yakni 5.000, 10.000, serta 20.000. Setelah menentukan pilihan, berikutnya tunggu notifikasi aktivasi pulsa darurat yang dikirimkan melalui pesan singkat.

Pahami Dahulu Ketentuan Mengenai Pulsa Darurat

Walaupun provider seluler di Indonesia sudlah menyediakan layanan pulsa darurat, perlu diketahui bahwa tidak semua penggunanya bisa memanfaatkan layanan tersebut, karena ada sejumlah ketentuan yang wajib terpenuhi.

Masing-masing provider mungkin membuat ketentuan yang berbeda. Namun, secara umum, kriteria yang dibuat yaitu kartu yang digunakan harus sudah diregistrasi sesuai ketentuan pemerintah, dan berstatus aktif dalam kurun waktu 2 bulan.

Jadi, sekarang jangan lupa untuk menyimpan kode dial maupun kode SMS untuk mendapatkan pulsa darurat, agar tidak panik jika sewaktu-waktu Anda kehabisan pulsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya